Resmi, LSP P1 Untag Surabaya Memiliki Master Asesor BNSP Pertama

  • 10 Februari 2020
  • MKM
  • 30

LSP P1 Untag Surabaya resmi memiliki Master Asesor BNSP. Hal itu ditandai oleh lulusnya Dr. Sumiati, M.M., dalam pelatihan Master Asesor di Hotel Santika Premiere Bekasi selama 10 hari, (03-10/12/19).

 

Saat dikonfirmasi, Sumiati menjelaskan bahwa dari 200 lebih peserta yang dikirim dari lembaga dan instansi seluruh Indonesia hanya diambil 20 orang untuk dilatih menjadi Master Asesor termasuk dirinya.

 

Ia menambahkan Master Asesor mempunyai kewajiban memberikan atau melatih calon-calon asesor, dimana ruang lingkupnya adalah seluruh Indonesia. Jadi harus siap bukan hanya di Untag saja, tetapi keseluruh Indonesia sesuai instruksi dari BNSP.

 

‘’Jika dalam pelatihan asesor BNSP dibebani dengan 3 jenis tugas, maka dalam pelatihan Master Asesor dibebani oleh 13 jenis tugas. Sehingga calon Master Asesor benar-benar memiliki kualitas yang baik setelah dilakukan penggemblengan,’’ jelasnya, (06/02).

 

Lebih lanjut, Direktur LSP P1 Untag Surabaya itu membenarkan bahwa hanya dia yang dikirim untuk mewakili Untag Surabaya, karena salah satu persyaratannya adalah mendapatkan surat rekomendasi dari pengarah atau rektor dan harus melengkapi persyaratan administrasi lainnya. Seperti pernah menguji berapa kali, pernah mengembangkan skema berapa kali dan lain sebagainya.

 

‘’Perwakilan dari Jawa Timur ada 4 orang, tetapi yang lulus hanya 2 orang termasuk saya alhamdulillah,’’ ungkapnya.

 

Diakhir wawancara, Sumiati menerangkan, Master Asesor merupakan perwakilan dari BNSP langsung. Jadi harus mampu melatih bukan hanya di dunia pendidikan atau LSP P1 saja. Tetapi juga siap untuk melatih dan menguji pada LSP P2 dan LSP P3 yang sifatnya umum.

 

‘’Harapan kedepannya selain LSP P1, Untag Surabaya dapat mendirikan LSP P3 yang notaben-nya adalah untuk umum. Sehingga bisa mendatangkan asesi dari luar dan sekaligus mempromosikan Untag Surabaya lebih luas lagi,’’ harap Sumiati.

 

M.KHOIRUL M.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme