Amalan di Bulan Dzulhijjah

  • 08 Juli 2022
  • VaniaS
  • 388

Bulan Dzulhijjjah salah satu bulan untuk perbanyak menjalankan amalan sunnah, salah satunya dengan melaksanakan ibadah Sunnah Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

 

Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari Arafah saat jama’ah haji sedang melakukan wukuf di Padang Arafah pada 9 Dzulhijjah. Sedangkan Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksankaan sebelum hari wukuf, yakni pada 8 Dzulhijjah.

 

Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan bagi umat muslim sedunia, agar dapat turut merasakan nikmatnya yang dirasakan oleh jama’ah haji.

 

Umat muslim yang melaksanakan ibadah haji melakukan renungan, memperbanyak amalan dengan memanjatkan doa serta harapan. Hal tersebut dikaitkan dengan hari Tarwiyah di mana hari ke 8 Dzulhijjah ini memang memiliki makna berpikir dan merenung.

 

Sementara untuk hari Arafah, kata Arafah sendiri diambil dari kata i’tiraf yang berarti pengetahuan. Di mana pada hari tersebut, umat Muslim mengetahui dan membenarkan Allah sebagai Al-Haqq, yaitu satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan merupakan dzat Yang Maha Agung.

 

Keutamaan puasa Sunnah Tarwiyah bagi orang yang tidak melaksanakan ibadah haji berdasarkan salah satu hadist Nabi Muhammad SAW yaitu dapat menghapus dosa setahun, puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Vania

Reporter