Destinasi Wisata Unik di Danau Kakaban

  • 20 Agustus 2021
  • YRS
  • 472

Danau air tawar Kakaban merupakan destinasi wisata unik yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jika mengunjungi tempat tersebut, pengunjung akan menemukan banyak ubur-ubur yang tidak beracun.

 

Terjebak selama ribuan tahun membuat racun yang tedapat pada ubur-ubur hilang. Hal ini membuat pengunjung dapat mencebur dan berenang di dalam danau Kakaban. Danau yang terletak di Kepulauan Derawan tersebut saat ini mulai menjadi tujuan wisata andalan yang diklaim mampu mengungguli Raja Ampat di Papua.

 

Pulau Kakaban dalam bahasa daerah artinya pulau yang memeluk danau, memeluk flora dan fauna yang penuh keunikan di dalamnya. Hal tersebut menjadikan wisata danau Kakaban hampir tidak dapat ditemui di wilayah lain, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk berkunjung.

 

Danau Kakaban memiliki luas kurang lebih 5 kilometer persegi berdinding karang yang terjal dengan tinggi 50 meter. Danau ini merupakan air laut yang sudah lama terperangkap di Pulau Kakaban. Volumenya bertambah karena tercampur air dari dalam tanah dan air hujan sejak sekitar 2 juta tahun lalu.

 

Pulau Kakaban memang menjadi salah satu surga kekayaan biologi yang ada di Tanah Air Indonesia. Sementara itu, proses isolasi hewan dan tumbuhan dalam danau tersebut hingga saat ini masih menjadi salah satu objek yang sangat diminati oleh ilmuwan. Mereka berupaya keras untuk mengungkap banyak hal yang mungkin terjadi.

 

Destinasi wisata danau Kakaban memang sudah seharusnya menjadi objek konservasi alam yang dilestarikan dan dilindungi oleh negara.

 

sumber : iphedia.com

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5371
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5419