Gerbang Emas Tabalong Simbol Kolaborasi Antara Pemerintah, Masyarakat, dan Akademisi

  • 17 Januari 2024
  • 324

Nurmalasyiah, S.Sos., M.A.P berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Administrasi dengan judul disertasi “Kebijakan Publik Gerbang Emas di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan”, pada Ujian Terbuka Doktor Ilmu Administrasi, pada Jum’at (12/1).

 

Alumni Universitas Lambung Mangkurat ini mengambil peran sebagai pelopor dalam merinci dampak dan peran kebijakan publik dalam mengembangkan Gerbang Emas di Kabupaten Tabalong.

 

Dalam disertasinya, Nurmalasyiah mengungkapkan temuan menarik mengenai efektivitas kebijakan publik yang diterapkan di Kabupaten Tabalong.

 

“Dalam penelitian saya, menyoroti strategi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang secara aktif mendukung sektor ekonomi yang menjadi tulang punggung utama dari kebijakan Gerbang Emas,” ungkapnya (12/1).

 

Nurmalasyiah menekankan bahwa peran partisipasi masyarakat menjadi fokus dalam proses pengambilan keputusan.

 

“Keterlibatan masyarakat setempat merupakan elemen krusial dalam kesuksesan kebijakan publik. Keterlibatan ini bukan hanya sebagai penerima manfaat, tetapi juga sebagai pihak yang terlibat aktif dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kebijakan,” tegasnya

 

Gerbang Emas di Kabupaten Tabalong bukan hanya sekadar proyek pembangunan, melainkan juga menjadi simbol keberhasilan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan akademisi dalam menghadapi tantangan pembangunan di tingkat lokal.

 

Prof. Dr. V. Rudy Handoko, MS, penguji dalam Ujian Terbuka Disertasi, memberikan apresiasi terhadap kontribusi penelitian dari Nurmalasyiah.

 

“Penelitian ini memberikan pandangan yang sangat jelas tentang peran krusial kebijakan publik sebagai instrumen penting dalam mendorong pembangunan daerah, khususnya di sektor ekonomi,” terang Prof.Rudy


Kelulusan Dr. Nurmalasyiah, S.Sos., M.A.P diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi peneliti lainnya untuk terus berkontribusi dalam pengembangan kebijakan publik yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id