Implementasi MBKM melalui Program Kewirausahaan Berbasis Lingkungan

  • 27 Oktober 2021
  • YRS
  • 393

Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya melakukan kerjasama dengan Bank Sampah Induk Surabaya (BSIS) dalam mengimplementasikan program MBKM, yaitu KWU. Pelaksanaan KWU merupakan kegiatan Kewirausahaan berbasis lingkungan.

 

Program tersebut saat ini tengah berjalan, dimulai dari awal semester gasal tahun akademik 2021-2022 hingga tutup semester pada Desember mendatang. Dosen Pendamping Lapangan dalam program ini adalah Dra. Noorshanti Sumarah, M.I.Kom. dan Herlina Kusumaningrum , S.Sos., M.A.

 

Menurut Noorshanti, selain implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, program ini  juga menyesuaikan bahwa Untag Surabaya memiliki predikat sebagai eco-campus. Jadi program kewirausahaan berbasis lingkungan dinilai sangat tepat.

 

‘’Bentuk kegiatan pembelajaran ini juga merupakan implementasi komitmen lembaga yang memiliki predikat sebagai  eco-campus,’’ ujar Noorshanti, Selasa (26/10/21).

 

Terdapat 2 kelompok yang masing-masing beranggotakan 3 mahasiswa, sedangkan setiap kelompok diwajibkan membuat bank sampah minimal 15 nasabah, bisa pemilik warung makan atau warung kopi. Berikutnya Kelompok tersebut akan mengelola dan melakukan sosialisasi.

 

‘’Ada beberapa manfaat yang diperoleh mahasiswa, diantaranya menambah pengalaman di bidang pengelolaan lingkungan, mampu menjalin kerjasama, membangun komunitas, mendesain sarana dan prasarana serta mampu mengembangkan jaringan. Selain itu mahasiswa juga mengaplikasikan beberapa mata kuliah yang telah didapatkan’’ imbuh Noorshanti.

 

Terakhir Noorshanti menegaskan bahwa, terkait pengelolaan lingkungan sudah seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Kesadaran akan kepedulian terhadap lingkungan tentunya akan menunjang tujuan dari program tersebut.

 

‘’Sebetulnya pengelolaan lingkungan itu menjadi tanggung jawab semua pihak, sehingga mahasiswa sebagai agen perubahan mampu mengajak masyarakat untuk menyadari dan mengerti bagaimana cara mengelola lingkungan,’’ tutup Noorshanti.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5372
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5419