Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Keuangan UKM Menik Kliwul Craft Surabaya

  • 01 November 2021
  • YRS
  • 412

Dosen FEB Untag Surabaya jalankan program pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen keuangan pada UKM Menik Kliwul Craft Surabaya. Rangkaian kegiatan dimulai bulan Maret hingga November 2021.

 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Dra. Ec. Dyah Rini Prihastuty, M.M. dengan anggota Dra. Sri Rahayuningsih, M.M., Ak, C.A. dan Dr. Hwihanus, M.M, CMA. Ketiga Dosen tersebut kompeten dalam bidang manajemen, keuangan, serta pengembangan produk.

 

Ketua tim pengabdian, Dyah Rini menyampaikan bahwa, ada beberapa hal yang harus segera ditangani, diarahkan serta dikelola dengan baik terhadap UKM Menik Kliwul Craft Surabaya, dalam hal ini sebagai mitra. 

 

‘’Awalnya yang kami tahu belum ada pembukuan sederhana untuk transaksi keuangan sehari-hari pada UKM Menik Kliwul Craft ini, sehingga manajemen keuangan yang efisien dan efektif belum dapat diterapkan,’’ ujar Dyah Rini, Senin (1/11/21).

 

Maka dari itu tujuan pengabdian tersebut dilaksanakan untuk membenahi manajemen keuangan dan  pencatatan keuangan dengan mengadakan pelatihan pembukuan sederhana serta pendampingan. Hal tersebut diharapkan mampu memberi dampak signifikan bagi Mitra.

 

‘’Kegiatan pengabdian ini dilakukan supaya UKM Menik Kliwul Craft Surabaya dapat menyusun laporan keuangan sederhana. Sehingga untuk ke depan dapat dipakai untuk pengajuan kredit, meningkatkan omset penjualan serta daya saing antar UKM,’’ ujar Dyah Rini.

 

Terakhir ia memaparkan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini sesuai dengan tujuan awal. Hal tersebut menurut Dyah Rini dapat dilihat dari peningkatan omset serta manajemen keuangan yang diterapkan oleh mitra telah sesuai standar.

 

‘’Laporan  keuangan sederhana dapat disusun dengan benar sesuai standar akuntansi keuangan  UKM. Pengelola keuangan dapat dilaksanakan dengan efisien dan efektif. Selain itu Omset penjualan  juga dapat ditingkatkan,’’ tutup Dyah Rini.

 

Adapun nama mahasiswa FEB Untag Surabaya yang terlibat dalam kegiatan tersebut, di antaranya M. Rizki Maulidi dan Dwi Aprilariadi. 


 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5372
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5419