Peningkatan Penjualan dan Kinerja UMKM di Desa Minggirsari Blitar

  • 09 November 2021
  • YRS
  • 340

Upaya peningkatan penjualan dan kinerja UMKM di Desa Minggirsari Blitar dilakukan oleh Dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya. Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat program hibah Perguruan Tinggi.

 

Pengabdian yang diketuai oleh Drs. Yanto Prasetyo, M.Si., Psikolog dengan anggota Hikmah Husniyah F, S.Psi., M.Psi., Psikolog tersebut dilakukan melalui pendampingan manajemen dan penjualan online yang dilaksanakan mulai Mei hingga Desember 2021 mendatang.

 

Kegiatan ini juga melibatkan alumni fakultas psikologi yang sukses dibidang usaha online yaitu Dewantono Eko Putro S.Psi sebagai narasumber yang memaparkan bagaimana strategi penjualan  pada online shop. Selain itu, Dewantono juga melakukan pendampingan pembuatan akun toko online kepada peserta yang hadir.

 

Yanto selaku ketua tim pengabdian menjelaskan, salah satu penggerak roda perekonomian di Desa Minggirsari adalah berkembangnya sektor industri kecil dan rumah tangga. Dengan begitu, UMKM merupakan kategori bisnis berskala kecil yang dipercaya mampu memberikan kontribusi  perekonomian Indonesia. 

 

‘’Tujuannya meningkatkan kinerja UMKM dan memperluas jangkauan konsumen di luar wilayah desa Minggirsari dengan pendampingan pembuatan toko online. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat warga untuk berwirausaha dengan branding pemasaran produk melalui media online,’’ ungkap Yanto, Selasa (9/11/21).

 

Sementara itu Hikmah anggota tim pengabdian menyampaikan, berdasarkan data yang didapat dari Kepala Desa dan pelaku usaha terdapat beberapa hal pada UMKM dan Karang Taruna Desa Minggirsari yang harus segera ditangani. Tentunya ini berkaitan dengan peningkatan penjualan serta kinerja.

 

‘’Perlu adanya strategi pemasaran yang lebih kreatif dan inovatif pada UMKM di Desa Minggirsari agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Pendampingan agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas, dan strategi pengemasan produk supaya dapat  menarik calon konsumen,’’ ujar Hikmah.

 

Pelatihan kewirausahaan di era digital yang dilakukan tim pengabdian Untag Surabaya terhadap UMKM dan Karang Taruna di Desa minggirsari tersebut dapat meningkatkan minat warga untuk berwirausaha dan melakukan inovasi produk.

 

Ada pun nama mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini di antaranya, Daffa Dwi Sri Diyanti dan Robbana Rizka Amelia Pramesta.

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5372
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5419