Sastra Jepang Untag Surabaya Raih Predikat Unggul BAN-PT

  • 20 November 2023
  • 620

Menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, Program Studi (Prodi) Sastra Jepang di Untag Surabaya berhasil meraih predikat unggul dalam evaluasi nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

Menurut Mateus Rudi Supsiadji, S.S., M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Untag Surabaya, keberhasilan Prodi Sastra Jepang dalam evaluasi nasional menandakan komitmen universitas dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi.

 

“Kami sangat bangga melihat Prodi Sastra Jepang mencapai prestasi ini. Ini merupakan hasil dari kerja keras, dedikasi, dan komitmen dari seluruh dosen dan mahasiswa di dalamnya,” ungkap Dekan FIB Untag Surabaya (15/11)

 

Dra. Endang Poerbawati, M.Pd., Ketua Prodi Sastra Jepang mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari desain kurikulum yang baik. Kurikulum ini tidak hanya berfokus pada pemahaman mendalam tentang sastra Jepang, tetapi juga menekankan keterampilan berbahasa Jepang, penelitian, dan pemahaman mendalam tentang budaya Jepang.

 

“Akreditasi unggul diperoleh dengan dukungan dosen berkompetensi dalam menyajikan pengajaran inovatif dan relevan dengan perkembangan terkini di dunia sastra dan kebudayaan Jepang. Program ini juga membuka peluang pertukaran ke Jepang bagi mahasiswa, memperkaya pengalaman mereka serta memperluas jaringan internasional,” ungkap Endang

 

Selain itu, Prodi Sastra Jepang Untag Surabaya juga aktif menjalin kerjasama dengan industri budaya Jepang sehingga mahasiswa memiliki kesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan yang terkait dengan industri di Jepang.

 

“Langkah ini bertujuan memberikan pengalaman praktis dan membantu mahasiswa untuk memahami lebih dalam hubungan antara sastra dan industri budaya,” imbuhnya

 

Dengan predikat unggul yang telah diraih oleh Prodi Sastra Jepang Untag Surabaya kedepannya memiliki rencana untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan.

 

“Kami melihat ini sebagai langkah awal menuju pencapaian standar internasional. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan pendidikan terbaik bagi mahasiswa kami, sehingga mereka dapat bersaing di tingkat global,” tutupnya (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id