DSI YPTA Surabaya Satu Satunya Unit IT Pendidikan yang Menerapkan ISO 27001 : 2013 di Jawa Timur

  • 29 Maret 2019
  • redaksi
  • 4990

Direktorat Sistem Informasi (DSI) Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya melakukan pengujian terhadap sistem baru, menejemen keamanan informasi atau dikenal dengan Information Security Management System ISO 27001 : 2013. Kegiatan yang mendatangkan langsung asesor dari lembaga sertifikasi ACS Jakarta itu terselenggara pada hari Selasa, (26/03/19), di Meeting Room Gedung Graha Wiyata lantai 1 Untag Surabaya.

Ketua YPTA Surabaya, Drs. Ec. Mangapul Silalahi, M.M., mengatakan, DSI merupakan unit khusus yang menangani bagian IT sistem diseluruh YPTA Surabaya, baik itu SMP, SMA, dan Universitas. Karenanya pengembangan – pengembangan teknologi yang baru sangat di butuhkan.

‘’Dengan adanya acara Audit Information Security Management System ISO 27001 : 2013,  saya berharap DSI akan memberikan kinerja yang lebih baik lagi, serta bisa menciptakan inovasi – inovasi terbaru dibidang IT, yang kedepannya akan mempermudah kinerja dari seluruh sivitas akademik Yayasan,’’ paparnya saat memberikan sambutan. 

Sementara itu, Direktur DSI, Supangat M.Kom., I.T.I.L., C.O.B.I.T., berpendapat, bahwa penerapan sistem ISO 27001 ini masih belum banyak diterapkan di Indonesia, Jawa Timur sendiri belum ada yang menggunakannya. Maka dari itu DSI mencoba untuk menerapkan sistem tersebut agar selangkah lebih maju dari kampus – kampus lain.

‘’Kalau berbicara mengenai sistem keamanan itu sangat luar biasa perkembangannya, bukan hanya bicara waktu perjam tetapi perdetik terus berubah - ubah. Maka mau tidak mau keberadaan kita di bagian IT, dengan adanya ISO 27001 yang terkait Security Management Sistem harus bisa kita ambil dan diterapkan disini. Karena disamping teknologi itu penting, juga sebuah tantangan bagi kita untuk bisa berkembang lebih baik lagi,’’ jelas Dosen Fakultas Teknik.

Diakhir pembukaan acara, Yusron Arif, salah satu asesor yang hadir, berharap setiap saat harus ada peningkatan terus menerus, sehingga sistem yang dibangun menjadi auto falid. Dengan begitu, kedepannya DSI dapat bermanfaat bagi organisasi maupun Yayasan sekelas stackholder yang ada disini.          

‘’Menurut saya, DSI ini sudah sangat luar biasa,  hanya perlu meningkatkan beberapa kriteria yang mencakup persayaratan – persyaratan yang diharapkan oleh rekomend itu sendiri. Contohnya, sosialisasi terhadap standart SOP yang diterapkan DSI. Dari situ saya percaya DSI kedepannya akan menjadi unit yang luar biasa untuk seluruh satuan pendidikan di YPTA Surabaya,’’ tutur pria asal Lampung itu.

Repoter : MKM

Editor     : LA_unda

REDAKSI

Redaksi yang malang melintang di bidang jurnalisme