KKN Untag Surabaya Buat Video Profil Pertama Desa Wonosalam, Jombang

  • 31 Januari 2020
  • MKM
  • 20

Mahasiswa KKN Untag Surabaya membuat video profil Desa Wonosalam, Kabupaten Jombang untuk lebih perkenalkan desa kepada masyarakat. Video tersebut dibuat sejak 16 Januari 2020 dan diakhiri dengan screening film bertempat di balai desa,(18/01).

 

Video profil tersebut memuat tentang informasi desa, potensi desa, wisata yang ada di desa, fasilitas dan pesona pemandangan desa Wonosalam itu sendiri. Video profil desa merupakan salah satu media promosi, karena adanya audio visual bisa lebih mudah dicerna oleh masyarakat. 

 

Venanda Fatika Rasti, mahasiswi yang membuat video tersebut menjelaskan, selain sebagai ajang promosi desa, pembuatan video profil juga dilakukan karena kurangnya promosi dalam berbagai aspek seperti produk UMKM dan wisata yang ada ke sosial media. Mahasiswi angkatan 2016 ini mengusung konsep cinematic, simple dan sarat informasi untuk pengerjaan video profil.

 

‘’Video profil ini menjadi sebuah media untuk menyampaikan informasi yang sangat efektif dalam memperkenalkan wilayah Desa Wonosalam kepada masyarakat luas,’’ ucapnya.

 

Venanda menambahkan, video profil hadir sebagai sarana yang menjembatani antara sebuah instansi yang berkeinginan untuk memaparkan profil berisi informasi mereka kepada masyarakat luas melalui media sosial. Manfaat dalam adanya pembuatan video profil ini adalah dapat meningkatkan pelayanan yang lebih profesional, meningkatkan citra dan keunggulan kompetitif, memperluas jangkauan informasi mengenai sebuah instansi dan lain sebagainya.

 

‘’Hasil video yang telah jadi nantinya akan diunggah pada website resmi Desa Wonosalam dan YouTube maupun sosial media lain yang dimiliki Desa Wonosalam,’’ tambah mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untag itu.

 

Sebelumnya, pemutaran video tersebut dilakukan saat malam perpisahan di balai desa dengan disaksikan berbagai pihak, seperti Dr. Pininta Veronika Silalahi, M.Pd selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), Bapak Samuki selaku Kepala Desa Wonosalam, Bapak Saifullah selaku Kepala Dusun Sumber, pihak kepolisian, serta pihak terkait lainnya. ‘’Saya harap dengan adanya video ini, video profil pertama milik Desa Wonosalam dapat membantu promosi desa,’’ tutupnya

 

M.KHOIRUL M.

Reporter yang malang melintang di bidang jurnalisme