Beasiswa Fully Funded S2-S3 di Amerika Serikat, Fulbright Scholarships Dibuka

  • 12 Februari 2024
  • 95

Beasiswa penuh yang ditawarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat kepada warga Indonesia dibuka kembali dengan dua jenis penawaran, yaitu Fulbright Master’s Degree Scholarship dan Fulbright Doctoral Degree (PhD) Scholarship. 

 

Dilansir dari indbeasiswa.com, pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 15 Februari 2024. Program beasiswa ini berlangsung selama satu hingga dua tahun bagi pelamar beasiswa pada jenjang S2, sementara bagi pelamar pada jenjang S3 atau PhD berlangsung selama tiga tahun. 

 

Keunggulan yang akan diperoleh bagi pelamar Fulbright Scholarships tersebut mencakup dukungan visa J-1, tiket pesawat pulang-pergi AS-Indonesia kelas ekonomi, pendanaan biaya kuliah, biaya hidup, serta asuransi kesehatan dan kecelakaan.

 

Persyaratan pendaftaran bagi pada pelamar beasiswa:

1. Warga negara Indonesia dan tidak sedang menjadi penduduk tetap di Amerika ataupun menetap di Amerika
2. Memiliki skill kepemimpinan serta menunjukkan pengalaman pada layanan masyarakat
3. Lancar berbahasa Inggris
4. Memiliki catatan akademis yang memuaskan
5. Berkomitmen menyelesaikan studi dan penelitian di AS serta kembali ke negara asal setelah program studi telah selesai
6. Telah menyelesaikan studi sarjana (S1) bagi pelamar beasiswa program master (S2) dan telah menyelesaikan program magister bagi pelamar program PhD
7. Nilai IPK minimal 3.00 dari skala 4.00
8. Bagi pelamar S2, diharuskan memiliki skor TOEFL ITP min. 550 / TOEFL iBT min. 80 / IELTS min. 6,5 / Duolingo min. 110, sedangkan bagi pelamar S3 memiliki skor TOEFL ITP min. 575 / TOEFL iBT min. 90 / IELTS min. 7.0 / Duolingo 120
9. Bersedia untuk kembali ke negara asal bagi pelamar S2 minimal 5 tahun sebelum masa pensiun setelah program telah selesai, dan bersedia kembali ke Indonesia untuk pelamas PhD untuk mengambil posisi akademis pada perguruan tinggi setelah menyelesaikan masa studi.
10. Pelamar tidak memenuhi persyaratan jika pelamar merupakan karyawan atau keluarga karyawan yang bekerja di AMINEF, Kedutaan Besar Amerika Serikat, atau Departemen Luar Negeri AS, sedang menempuh program gelar lainnya, mendapatkan beasiswa dari instansi lain saat pendaftaran beasiswa, dan menempuh program lain yang serupa untuk double degree.


Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar Fulbright Scholarships: 
1. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa, termasuk halaman study objective, satu halaman personal statement, bibliografi dari karya yang dipublikasikan, serta contoh tulisan akademik dalam bahasa inggris.
2. Curriculum Vitae (CV)
3. KTP atau paspor
4. Ijazah dan transkrip akademik dalam bahasa Indonesia dan terjemahan bahasa Inggris
5. Hasil tes bahasa Inggris terbaru yang diambil dalam jangka waktu tes 2 tahun terakhir.
6. Melampirkan 2 surat referensi dari atasan tempat bekerja atau dosen/professor di universitas.

 

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui https://stu.aminef.or.id/grantee/ atau secara offline ke alamat American Indonesian Exchange Foundation di Jakarta. (Ratna)
 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id