Fisippreneur 2024, Menyokong Peluang Wirausaha Muda Menuju Bisnis Berkelanjutan

  • 11 Juni 2024
  • 82

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Untag Surabaya berhasil wadahi mahasiswa mengekrpesikan ide-ide kreatif dalam berwirausaha melalui acara Fisippreneur 2024 bertemakan ‘Kreatif Berwirausaha, Berwirausaha dengan Kreatif”, berlangsung pada 5-6 Juni 2024. 


Peserta Fisippreneur meliputi mahasiswa gabungan dari sembilan kelas mata kuliah entrepreneurship. Kegiatan ini terbagi dalam empat sesi. Terdapat 79 tenan yang terlibat, dengan setiap sesi terdiri dari 27 tenan.


Mahasiswa tidak hanya diminta untuk memenuhi persyaratan mata kuliah praktikum, tetapi juga untuk memamerkan beragam produk, termasuk makanan, minuman, parfum, ikan cupang, dan baju distro yang mereka ciptakan sendiri.


Ketua Pelaksana Fisippreneur, Angelina Mahesa Putri, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini.


“Terima kasih kepada seluruh mahasiswa, dosen, dan seluruh pihak yang telah mendukung acara ini. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diadakan setiap tahun dan semakin banyak mahasiswa yang terinspirasi menjadi entrepreneur kreatif dan inovatif. Harapannya, Fisippreneur tidak hanya untuk nilai praktikum, tetapi juga untuk menciptakan bisnis berkelanjutan yang dapat mengurangi tingkat pengangguran,” ujar Angelina (5/6/24)


Hari pertama Fisippreneur dibuka dengan seremonial yang dihadiri oleh Dekan FISIP Untag Surabaya, Dr. Dra. Ayun Maduwinarti, MP, serta para dosen FISIP Untag Surabaya.


“Acara ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari teori yang telah dipelajari di kelas. Mahasiswa diharapkan bisa mengaplikasikan ilmu mereka di dunia nyata dan mempersiapkan diri untuk menjadi entrepreneur sukses di masa depan. Semoga mahasiswa FISIP Untag Surabaya mampu menjadi pengusaha muda yang kreatif dan inovatif,” ungkapnya (5/6)


Berbagai macam makanan dan minuman, dari kue tradisional hingga minuman kekinian, menarik perhatian banyak orang. Selain itu, tenan parfum dengan aroma unik dan ikan cupang eksotis juga menjadi daya tarik. 


Salah satu tenan yang paling diminati adalah tenan baju distro dengan desain modern karya mahasiswa FISIP Untag Surabaya, mendapat apresiasi tinggi dari pengunjung dan dijual dengan harga terjangkau.


Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Para pengunjung merasa senang dengan beragam produk yang ditawarkan dan memberikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini.


“Fisippreneur menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Kami belajar banyak tentang bagaimana mengelola bisnis, mulai dari produksi, pemasaran, hingga berinteraksi langsung dengan konsumen,” ujar Rey, Mahasiswa Ilmu Komunikasi (6/6/24)


Tidak hanya itu, beberapa pengunjung bahkan menyatakan ketertarikannya untuk berkolaborasi dengan mahasiswa dalam mengembangkan produk mereka lebih lanjut.


Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis dalam berbisnis, tetapi juga membangun mental dan karakter yang kuat sebagai entrepreneur. Inisiatif ini diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dunia kerja dan berkontribusi dalam mengurangi pengangguran melalui wirausaha yang kreatif dan inovatif. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id