Independensi Auditor Jadi Sorotan dalam Seminar Konsentrasi Akuntansi 2024

  • 11 Juni 2024
  • 87

Hadapi masa depan yang semakin kompleks, mahasiswa Program Studi Akuntansi harus meningkatkan kesiapannya untuk menghadapi tantangan dan tanggung jawab dalam menjaga kualitas informasi keuangan dan mempertahankan kepercayaan publik terhadap profesi akuntan bukanlah tugas yang ringan.


Konsep dasar audit menjadi fokus utama dalam dunia akuntansi, hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Tri Ratnawati, MS, Ak, CA, CPA, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi (DIE) Untag Surabaya, dalam paparan materinya pada acara Seminar Konsentrasi Akuntansi 2024 Untag Surabaya, Jum’at (7/6).


“Audit merupakan proses independen yang dilakukan untuk mengevaluasi keandalan informasi keuangan suatu entitas dengan tujuan memberikan keyakinan yang memadai kepada para pemangku kepentingan bahwa laporan keuangan suatu entitas bebas dari kesalahan material,” paparnya (7/6)


Dalam paparannya, Prof. Tri sapaan akrabnya, menyoroti konsep dasar audit yang perlu dipahami dengan baik oleh para mahasiswa dan praktisi akuntansi. Salah satunya adalah konsep materialitas, di mana audit harus fokus pada hal-hal yang memiliki dampak material terhadap keputusan ekonomi para pemangku kepentingan.


“Risiko audit terjadi ketika ada kemungkinan bahwa auditor akan memberikan opini yang tidak tepat atas laporan keuangan suatu entitas,” imbuhnya


Selain itu, Prof. Tri juga menggarisbawahi pentingnya independensi auditor dalam menjalankan tugasnya. Auditor harus mempertahankan independensi dan objektivitasnya untuk memastikan bahwa hasil audit yang dihasilkan dapat dipercaya oleh para pemangku kepentingan.


“Menjaga integritas profesi akuntan dan kepercayaan publik terhadap informasi keuangan yang disajikan adalah tanggung jawab utama yang harus dipegang teguh oleh setiap praktisi akuntansi,” paparnya


Ketua Prodi Doktor Ilmu Ekonomi itu juga membahas tentang etika dalam praktik audit. Auditor harus mengikuti kode etik profesi dengan menjaga integritas, objektivitas, dan independensi dalam setiap langkah audit yang dilakukan.


“Etika merupakan pondasi yang penting dalam menjaga kualitas dan kepercayaan terhadap profesi akuntan,” tutup Prof. Tri


Materi yang disampaikan oleh Prof. Tri berhasil memberikan pemahaman yang mendalam kepada para peserta seminar tentang konsep dasar audit dalam konteks akuntansi. Para mahasiswa program studi akuntansi yang hadir diharapkan dapat mengaplikasikan pemahaman tersebut dalam praktik mereka di masa depan untuk menjaga kualitas informasi keuangan dan kepercayaan publik terhadap profesi akuntan. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id