Indonesia Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan

  • 07 September 2021
  • AR
  • 575

Sejak Senin (6/9/2021), Indonesia mengalami fenomena hari tanpa bayangan dan diperkirakan akan terjadi sampai 21 Oktober 2021. Fenomena ini selalu terjadi dua kali dalam setahun untuk wilayah yang terletak di antara dua garis, yakni Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan.

 

Seperti disampaikan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Andi Pangerang, fenomena ini dinamai hari tanpa bayangan karena posisi Matahari berada di atas Indonesia, sehingga tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tak berongga saat tengah hari.

 

Cara paling sederhana bagi masyarakat bisa mengamati detik-detik tanpa bayangan adalah dengan menggunakan benda tegak seperti tongkat atau spidol atau benda lain yg bisa diberdirikan. Letakkan di permukaan yang rata dan kemudian amati sesuai dengan jam yang telah ditentukan.

 

Andi menambahkan, untuk wilayah Jawa akan mengalami pada 8-14 Oktober 2021, dengan dimulai dari daerah Serang dan ditutup Banyuwangi. Dikutip melalui kompas.com, fenomena hari tanpa bayangan di bulan September akan terjadi di beberapa wilayah indonesia yakni Sumatera, Kalimantan, SUlawesi, Maluku dan Papua.

 

Mengutip situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hari tanpa bayangan juga dikenal sebagai hari kulminasi utama. Kulminasi merupakan fenomena saat Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut kulminasi utama.

 

Pada posisi ini, Matahari akan tepat berada di atas kepala atau titik zenit, sehingga bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Fenomena ini dapat terjadi karena bidang ekuator atau bidang rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi Bumi. Sehingga, posisi Matahari dari Bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5 derajat LU hingga 23,5 derajat LS atau gerak semu harian Matahari.

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Ria Ayu Oktavia

Jurnalis