Kesempatan Kuliah S1 di Korea Selatan melalui Beasiswa KAIST

  • 15 Februari 2021
  • AR
  • 813

Universitas-universitas ternama di Korea memberikan penawaran beasiswa bagi pelamar internasional termasuk Indonesia.

 

Salah satunya adalah Program KAIST International Student Scholarship yang rutin ditawarkan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). Beasiswa KAIST ditujukan bagi lulusan SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 pada sejumlah program studi yang disediakan oleh KAIST. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa KAIST.

 

Sekilas Mengenai KAIST

Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) merupakan salah satu universitas ternama di Korea Selatan yang masuk ke dalam peringkat Top 40 terbaik di dunia versi QS World University Ranking. Kampus ini berfokus dalam bidang sains, teknik, dan teknologi. Namun dalam beberapa tahun terakhir, KAIST telah mendapatkan akreditasi internasional dalam program pendidikan bisnis.

 

Pilihan Jurusan

-College of Natural Sciences: Physics, Mathematical Science, Chemistry
-College of Life Science & Bioengineering: Biological Science.
-College of Engineering: Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Civil & Environmental Engineering, Bio & Brain Engineering, Industrial Design, Industrial & Systems Engineering, Chemical & Biomolecular Engineering, Materials Science & Engineering, Nuclear & Quantum Engineering.
-College of Business: Business and Technology Management


Cakupan Beasiswa

Tanggungan penuh biaya perkuliahan selama masa studi S1 di KAIST (8 semester) dengan catatan tetap mempertahankan hasil prestasi.
Tunjangan hidup sebesar 350000 KRW per bulan.
Asuransi kesehatan nasional


Yang tidak termasuk dalam Beasiswa KAIST adalah biaya asrama sekitar USD 100-300 per bulan, makanan dan biaya perjalanan ke Korea. Makanan tersedia di cafetaria campus dengan biaya antara 4000 – 5000 KRW. Peserta dapat mencari sumber pendanaan lain atau mendanai secara mandiri untuk memenuhi biaya tersebut.

 

Untuk tetap mendapatkan beasiswa, para penerima Beasiswa KAIST harus mempertahankan IPK minimal 2,7 (skala 4,3) setelah tahun pertama di KAIST.

 

Persyaratan

-Merupakan pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan
-Orangtua pelamar bukan merupakan warganegara Korea Selatan.
-Telah lulus SMA/SMK/Sederajat Tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya (untuk mendaftar Spring Semester 2021) atau yang akan lulus per tanggal 31 Agustus 2021 (untuk mendaftar Fall Semester 2021).
-Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720 / TEPS min. 326 (baru). Bagi yang menggunakan bahasa Inggris saat proses belajar di SMA/Sederajat (pemberian materi dan buku pelajaran seluruhnya dalam bahasa Inggris), maka tidak perlu melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris.


Dokumen yang dibutuhkan, yakni :

1. Formulir pendaftaran online.

2. 1 (Satu) Surat Rekomendasi yang diisi oleh 1 (satu) guru wali kelas/pembimbing akademik/guru Matematika/Sains yang disubmit sendiri oleh pemberi rekomendasi secara online. Surat Rekomendasi ditulis dalam bahasa Inggris atau Korea. Masukkan alamat email pemberi rekomendasi pada saat mengisi formulir pendaftaran secara online, sehingga pihak KAIST bisa menginformasikan cara mengirimkan Surat Rekomendasi pada platform online.

3. Profil SMA/SMK/Sederajat yang diterbitkan oleh sekolah asal atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil yang disubmit bisa berupa website resmi sekolah atau informasi relevan yang bisa membuat pihak panitia lebih mengenal sekolah asal peserta (maksimal 5 halaman).

4. Scan Transkrip Nilai SMA/SMK/Sederajat

5. Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan yaitu: TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720 / TEPS min. 326 (baru). Hasil tes Bahasa Inggris harus diambil dalam waktu dua tahun terakhir. Kode institusi KAIST untuk hasil skor TOEFL: 0195.

6. Hasil Ujian kelulusan SMA Sederajat / SAT 1 / SAT 2 / AP/ IB / GCE A-Level / ACT / hasil ujian masuk universitas / sertifikat olimpiade internasional (tidak wajib). Bagi yang melampirkan hasil ujian kelulusan SMA/Sederajat (Ujian Nasional/Ujian Sekolah), jelaskan mengenai prosedur, tingkat persaingan, dan hasil dari ujian tersebut dalam 1 halaman A4.

7. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau Paspor (pilih salah satu).

8. Statement of Financial Resources yang terdapat di formulir pendaftaran online. Pilih KAIST Scholarship.

9. Sertifikat penghargaan atau prestasi maksimal 5 (tidak wajib).

 

Sumber : INDBEASISWA


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Ria Ayu Oktavia

Jurnalis