Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) Tahun 2021 untuk Kuliah S1 di Singapura

  • 01 Maret 2021
  • AR
  • 364

Singapura tawarkan beasiswa khusus bagi lulusan SMA dari 15 negara Asia Pasifik termasuk dari Indonesia untuk melanjutkan kuliah S1 di beberapa universitas ternama di Singapura. Program beasiswa yang dinamai Goh Keng Swee ini membuka beasiswa untuk tiap tahunnya.

 

Deretan universitas yang ditawarkan, seperti National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU) dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

 

Program Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Nantinya akan dipilih sebanyak 3 hingga 4 orang penerima beasiswa. Pendaftaran beasiswa terpisah dengan pendaftaran ke universitas di Singapura.

 

Selain biaya kuliah, tunjangan yang diperoleh calon beasiswa yakni berupa tiket pesawat pulang pergi dari negara asal ke Singapura, tunjangan asrama, hingga tunjangan saat pertama kali tiba di Singapura sebesar SGD 200 (± Rp 2,1juta). Penerima beasiswa akan dievaluasi setiap tahun berdasarkan kinerja dan hasil akademik yang memuaskan.

 

Tak cukup sampai disitu, setelah menyelesaikan perkuliahan para penerima beasiswa yang terpilih wajib bekerja selama 3 tahun di perusahaan yang telah disetujui di Singapura atau perusahaan yang disetujui di negara asal dan berbasis di Singapura

 

Sebagai informasi, penerima Beasiswa Goh Keng Swee sebelumnya telah bekerja di DBS Bank (DBS), OCBC Bank (OCBC), United Overseas Bank (UOB), Standard Chartered Bank, Merrill Lynch, KPMG, dan sebagainya. Selain itu, beberapa penerima beasiswa lainnya juga ada yang bekerja di organisasi yang tidak berhubungan dengan sektor keuangan misalnya Urban Redevelopment Authority of Singapore (URA), Proctor and Gamble, Oracle dan CrimsonLogic.

 

Batas waktu pendaftaran yang dibuka oleh program GKS ini yakni sampai dengan tangal 31 Maret 2021. Untuk mendaftar Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) dapat dilakukan secara online pada link berikut: https://www.pscgateway.gov.sg/app/gks/account/uidsignin.

 

Calon penerima beasiswa wajib membuat akun terlebih dahulu di webiste tersebut, lalu mengumpulkan persyaratan data yang diminta. Pelamar yang lolos seleksi akan diminta untuk mengikuti tes profil kepribadian online pada bulan April 2021. Selanjutnya pelamar terpilih akan menghadiri wawancara sekitar akhir Mei atau Juni 2021.

 

 

Sumber : indbeasiswa.com


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Ria Ayu Oktavia

Jurnalis