Metode Belajar Asik Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar Di Wonosalam, Jombang

  • 23 Januari 2020
  • 656

Mahasiswa KKN Untag Surabaya berikan materi kemampuan dasar Bahasa Inggris kepada siswa – siswi SDN Sambirejo 1, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, menggunakan metode Fun Learning. Pengajaran tersebut berlangsung selama dua hari, (14 -15/01).

 

Sebelum memberikan materi, Arisma Elisha, salah satu anggota KKN, memberikan Pre Test kepada siswa - siswi kelas 5 SDN Sambirejo 1. Kebanyakan jawaban tidak mengenal bahasa inggris karena belum pernah diajarkan.

 

Selain penggunakan metode Fun Learning, Risma dan mahasiswa lainnya juga menggunakan media Audio – Visual. Dimana para siswa diajak bermain tebak – tebakan, memutarkan video dan bernyanyi bersama. Sedangkan untuk materi yang diajarkan adalah Alphabet, Number, Objects In The Class, Name of Food, Name of Animals, Name of Fruits, and Greetings.

 

‘’Metode Fun Learning adalah metode pembelajaran dengan menciptakan suasana hangat dan menyenangkan saat proses belajar mengajar, karena dengan suasana tersebut apapun yang kita ajarkan akan mudah diterima dengan senang hati,’’ pungkasnya.

 

Risma menambahkan, antusias dari para siswa sangat tinggi. Terbukti ketika pemutaran video berbahasa inggris, siswa – siswi serius untuk melihat dan mendengarkannya. Kemudian para siswa juga mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, serta menyebutkan namanya menggunakan Bahasa Inggris untuk pengambilan hadiah.

 

‘’Bahasa Inggris sebagai bahasa asing wajib dunia yang perlu diajarkan dengan metode yang ceria (fun), sehingga pandangan anak kedepannya tentang bahasa inggris menjadi lebih baik,’’ imbuh mahasiswa prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya itu.

 

Program tersebut dirasa berhasil karena setelah para mahasiswa memberikan Post Test, daya tarik siswa untuk mengenal dan belajar Bahasa Inggris lebih dalam terbukti meningkat. ‘’Alhamdulillah dengan metode ini siswa – siswi SDN Sambirejo 1 lebih tertarik dan meningkat kemauannya untuk belajar Bahasa Inggris,’’ tutup Risma.

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id