Dosen FEB Untag Surabaya Optimalkan TTG Usaha Kecil Jasa Pertamanan

  • 20 September 2022
  • YRS
  • 285

Dosen FEB Untag Surabaya jalankan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) terhadap kelompok usaha kecil jasa pertamanan wilayah Banyu Urip kabupaten Gresik. Masa pelaksanaan dimulai bulan Juli sampai Desember 2022 mendatang.

 

Program Pengabdian Masyarakat Hibah Perguruan Tinggi ini diketuai oleh Dra. Sri Rahayuningsih, M.M., Ak., CA. dengan aggota Dra. Ec. Dyah Rini Prihastuty, M.M. Selain itu juga melibatkan mahasiswa Program Studi Akuntansi Untag Surabaya, M. Rizki Maulidi dan Dwi Aprilariadi.

 

Sri Rahayuningsih, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Program Kemitraan bagi Masyarakat tersebut yaitu untuk mengoptimalkan Teknologi Tepat Guna (TTG) bagi usaha kecil yang bergerak di bidang jasa pertamanan, khususnya di wilayah Banyu Urip Kabupaten Gresik.

 

‘’Permasalahan yang dihadapi oleh mitra atau usaha kecil jasa pertamanan ini adalah tidak terdapatnya peralatan atau Teknologi Tepat Guna dalam mendukung kegiatan-kegiatan pertamanan tersebut,’’ ujar Sri dosen FEB Untag Surabaya.

 

Selain itu, menurut Sri Rahayuningsih masih banyak hal yang menurutnya butuh penanganan atau pengarahan khusus, salah satunya yaitu praktek manajemen usaha yang seharusnya sudah diterapkan sejak awal.

 

‘’Praktek manajemen usaha juga belum disentuh dalam menjalankan usaha, seperti mempromosikan hasil taman yang diperbaiki atau yang dibuat. Sehingga konsumen akan tertarik akan hasil kerja jasa pertamanan tersebut,’’ imbuhnya.

 

Di sisi lain, Dyah Rini Prihastuty juga menyampaikan bahwa pihak pengusul PKM sepakat dengan mitra untuk melakukan pengadaan Teknologi Tepat Guna dalam pelaksanaan pekerjaan jasa pertamanan dan pemberian pengetahuan tentang promosi hasil jasa pertamanan.

 

‘’Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan pengadaan Teknologi Tepat Guna berupa alat pemotong rumput yang telah diserahterimakan kepada Mitra. Selain itu, kami juga memberikan pelatihan promosi melalui media sosial, dengan harapan supaya lebih dikenal oleh masyarakat luas,’’ tutupnya.

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Reporter