BEM Untag Surabaya Ikut Tingkatkan Potensi Tembakau Desa Wateswinangun

  • 07 Oktober 2022
  • 540

Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untag Surabaya beranggotakan 13 mahasiswa telah lolos dalam program Kampus Merdeka (MBKM).

 

Kegiatan dibuka pada 2 September 2022 di Desa Wateswinangun Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, disambut oleh Kusnan, S.AP.,M.KP., selaku pembimbing.

 

Mengangkat tema “Implementasi E- Goverment Untuk Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di Desa Wateswinangun” PPK ORMAWA BEM Untag Surabaya merangkul warga sekitar untuk menjalankan program desa digital.

 

Kegiatan yang dilaksanakan dari Juli hingga November 2022 yakni budidaya tembakau yang menjadi salah satu produk pertanian yang cukup menunjang perekonomian warga desa Wateswinangun.

 

“Sesuai dengan proposal yang telah diajukan terdapat tiga program utama dan satu program tambahan, antara lain pembuatan sistem informasi administrasi, e-arsip, dan website desa, serta satu program tambahan berupa layanan terhadap pengembangan petani tembakau,” tutur Mita Octaviani Ketua BEM Untag Surabaya.

 

Lebih lanjut, proses digitalisasi dilakukan melalui berbagai pendekatan seperti melihat aktivitas petani tembakau pada saat panen, mencacah, menjemur, dan menanam kembali bibit-bibit tembakau.

 

Diwaktu yang sama, Suwito salah satu warga mengatakan bahwa jenis tembakau yang ditanam oleh warga yaitu jenis nila. Tembakau jenis ini biasanya dipasok atau dibeli oleh perusahaan rokok terkenal seperti PT. Djarum dan PT. Gudang Garam.

 

“Kendati letak desa yang jauh dari pusat kota, semoga dengan adanya program dari Mahasiswa Untag Surabaya bisa memaksimalkan potensi besar dan hasil panen dari tembakau yang kami milliki,” ujarnya. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id