Buah Khas Ramadan Miliki Banyak Khasiat untuk Kesehatan

  • 11 April 2023
  • 952

Kurma merupakan makanan khas di bulan Ramadhan. Selain rasanya yang enak dan manis, kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan dianjurkan untuk makan tiga buah kurma saat berbuka puasa guna memulihkan energi dalam tubuh.

 

Dr. Moh. Mukhrojin, S.H., S.Pd.I., M.Si, Dosen Agama Islam Untag Surabaya mengutarakan bahwa kurma mengandung kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B, C dan E, fruktosa, kalsium, potasium dan zat besi.

 

“Tingginya jumlah potasium yang ada pada kurma dapat bekerja untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, vitamin dan polifenol tertentu dalam kurma dapat bertindak sebagai antioksidan dan melawan pro-oksidan yang merusak sel tubuh. Saat berbuka puasa dianjurkan makan kurma karena kemampuannya mengembalikan kadar gula darah yang rendah saat puasa,” ujarnya saat diwawancarai Tim Warta 17 Agustus, Kamis (6/4).

 

Setelah itu, Mukhrojin meminta masyarakat untuk berhati-hati saat membeli kurma dan sangat penting untuk mengetahui tentang jenis kurma yang sehat dan segar.

 

"Banyak orang yang tiba-tiba menjual kurma saat bulan puasa. Pilih kurma yang kering. Hindari kurma yang jamur, coklat tua, dan keras atau berwarna gelap. Fokus juga pada rasa yang segar, manis, aroma yang khas kurmanya,” jelasnya.

 

Terakhir, Mukhrojin memberikan rekomendasi makanan olahan yang berbahan dasar kurma. Menurutnya, kurma tidak hanya bisa dimakan mentah, tetapi juga bisa dijadikan makanan enak.

 

“Kurma juga bisa dijadikan bahan olahan makanan seperti pudding, brownies, pie, sirup kurma, jus smoothie kurma, dan lainnya sebagainya,” tutupnya (Nabila)

 

 

 

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id