Fitur Baru Google Play Store Ingatkan Pengguna Buka Aplikasi yang Telah Diunduh

  • 10 Juli 2024
  • 62

Google telah meluncurkan dua fitur pembaruan baru sekaligus pada aplikasi Play Store. Salah satu fitur terbaru adalah Open App Reminder. Fitur ini merupakan bentuk perhatiaan Google kepada penggunanya agar lebih memperhatikan aplikasi yang telah diunduh melalui Play Store.


Pembaruan ini diuji coba di Play Store untuk mengingatkan pengguna mengenai aplikasi baru yang telah diunduh namun belum dibuka selama 24 jam.

 

Melansir dari Liputan6.com, menurut pengamatan Google, banyak pengguna ponsel Android yang sering lupa menggunakan aplikasi yang baru saja diunduh. Oleh karena itu, fitur baru ini dihadirkan sebagai respon untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengirimkan peringatan kepada pengguna untuk membuka aplikasi yang jarang dipakai.


Cara kerja fitur Open App Reminder di Play Store adalah dengan mengirimkan notifikasi untuk membuka aplikasi yang belum dibuka selama 24 jam setelah diinstal. Jika pengingat pertama diabaikan, sistem Google Play Store akan mengirim pengingat kedua. Namun, setelah dua kali mengirimkan peringatan dan tetap diabaikan, tidak ada pemberitahuan lebih lanjut yang akan dikirimkan.


Selain itu, Play Store juga diperbarui oleh Google sehingga pengguna dapat mengunduh dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Meskipun pembaruan ini tidak begitu signifikan, fitur tersebut sangat memudahkan pengguna dalam mengunduh aplikasi sehingga tidak memakan banyak waktu dibandingkan dengan mendownloadnya satu per satu.


Google hanya mengizinkan pengguna untuk mengunduh dua aplikasi sekaligus dan tidak menyediakan opsi tambahan seperti mengunduh beberapa aplikasi sekaligus. Selain itu, Google juga tidak mendukung opsi download update secara bersamaan untuk aplikasi yang sudah terinstal.


Fitur-fitur pembaruan dari Google untuk Play Store akan tersedia secara berkala di seluruh perangkat Android yang memiliki Google Mobile Services (GMS). Tentunya, perangkat tersebut harus menjalankan sistem Android dan versi terbaru dari Google Play Store. (Azri)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id