Gangguan Rasa Nyeri Dalam Tubuh, Berikut Pemicunya

  • 14 Januari 2022
  • AR
  • 286

Kebiasaan yang dilakukan setiap hari membuat kita tanpa sadar mengalami kerusakan saraf dalam tubuh, dalam hal ini membuat kurang optimalnya kinerja dalam melakukan aktivitas. kerusakan saraf ternyata tidak hanya dari cedera yang kita alami  tapi dari juga dari konsumsi yang kita terima sehari hari. 

 

Saraf sendiri adalah pengatur dalam tubuh berupa rangsangan dari organ satu ke organ lainnya. saraf yang mengalami kerusakan akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri dan dapat juga merusak sistem tubuh. Salah satu gangguan yang sering muncul adalah neuropati yang ditandai dengan kelemahan dan mati rasa pada salah satu bagian tubuh.

 

Beberapa kebiasan yang dapat merusak saraf :

 

  1. Makan Berlebihan

makan yang berlebihan ternyata tidak baik untuk tubuh. Dikutip dari Respiratory Therapy Zone, makan berlebihan memicu kadar gula darah tinggi dan diabetes. Lebih dari setengah orang diabetes mengalami gangguan saraf yang dikenal dengan neuropati diabetik.

 

  1. Alkohol

mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menimbulkan rasa nyeri dalam tubuh kita. Terdapat studi menunjukan mengkonsumsi alkohol terbukti bersifat  racun yang dapat menimbulkan neuropati yang mengakibatkan rasa nyeri dalam tubuh.

 

  1. Kurang Makan Sayur dan Buah

sejak usia dini kita dilatih oleh orang tua kita untuk sering mengkonsumsi buah dan sayuran. karena ternyata kekurangan mengkonsumsi buah dan sayuran dapat merusak saraf dalam tubuh, yang dimana kita kekurang vitamin dan mineral. 

 

  1. Berlebihan Menggunakan Anggota Gerak 

seringnya menggunakan anggota gerak untuk sebuah aktivitas yang kita lakukan juga dapat menimbulkan rasa nyeri. termasuk olahraga yang dilakukan secara berlebih juga tidak baik untuk tubuh. kita perlu memberi jeda dan istirahat agar tidak mengalami kerusakan pada saraf

 

Itulah sebagian dari kebiasaan yang bisa mengakibatkan merusak saraf. mari hindari kebiasaan untuk mencegah penyakit rasa nyeri dan menjaga kesehatan saraf.(fahmi)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Ria Ayu Oktavia

Jurnalis