Kemendikbudristek Resmi Luncurkan IISMA Edisi Vokasi Tahun 2022

  • 25 April 2022
  • 119

Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) Edisi Vokasi Tahun 2022 telah resmi diluncurkan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

IISMA Vokasi 2022 merupakan salah satu implemantasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dengan membuka peluang bagi mahasiswa vokasi di Indonesia untuk belajar selama satu semester.

 

Program ini memberi kesempatan kepada 400 mahasiswa vokasi untuk belajar di kampus luar negeri sekaligus magang di industri yang menjadi mitra kampus tersebut.

 

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek, Benny Bandanadjaya mengatakan IISMA Edisi Vokasi hadir untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa beraktivitas di kampus internasional, Minggu (24/4/2022)

 

“IISMA juga dimaksimalkan untuk meningkatkan soft skill dengan cara memberikan kesempatan bergaul keluar kampus internasional tentunya” Terangnya, pada Silaturahmi Merdeka Belajar: IISMA Edisi Vokasi, yang ditayangkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.

 

Beberapa negara yang mendukung program IISMA yakni Inggris, Jerman, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Australia.

 

Persyaratan IISMI Edisi Vokasi adalah sebagai berikut :

 

1. Mahasiswa adalah warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai mahasiswa vokasi pada perguruan tinggi di Indonesia baik itu negeri maupun swasta. Bagi mahasiswa program Diploma III (D3), para mahasiswa dapat mendaftar pada saat semester III. Sementara itu, bagi mahasiswa Diploma IV (D4), para mahasiswa dapat mendaftar saat semester IV atau semester VI.

 

2. Mahasiswa harus memiliki sertifikat bahasa inggris, seperti TOIEC, Duolingo, dan TOEFL.

 

3. Mahasiswa harus mengambil bidang yang ada irisannya sehingga menguatkan bidang ilmu yang mereka pelajari dan yang tidak temukan dikampusnya tapi didapatkan dikampus luar negeri

 

Terdapat sepuluh bidang yang menjadi prioritas pada IISMA Edisi Vokasi yakni bidang industri, perhotelan, dan pariwisata, bidang rekayasa, bidang teknologi informasi, bidang bisnis dan manajemen, bidang akuntansi, bidang kelautan, dan maritim, bidang pengelolaan air, bidang pertanian, bidang industri kreatif, serta bidang hubungan masyarakat.

 

Program IISMA Edisi Vokasi diharapkan mampu mendukung para mahasiswa yang memiliki motivasi untuk mengembangkan kompetensinya.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id