Komitmen Aditya Yoastara, S.Pd., Mencetak Generasi Unggul dengan Pendidikan Berkualitas

  • 13 Juni 2024
  • 464

Aditya Yoastara, S.Pd., seorang guru SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya, merupakan sosok yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan. Lahir di Pare, Kediri pada tanggal 8 Oktober 1983, anak tengah dari tiga bersaudara. Kehidupan keluarganya yang harmonis dan penuh dukungan mendorongnya untuk selalu berprestasi. 


Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di kota kelahirannya, Adit sapaan akrabnya, melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Negeri Surabaya dan berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2007.


Kariernya dimulai sebagai seorang pengajar lembaga bimbingan belajar privat dan translator, memberikan bimbingan belajar dan menerjemahkan dokumen dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya, dari tahun 2002 hingga 2005. Selama periode ini, ia juga mengajar di SMA Dr. Soetomo Surabaya dan SMA Negeri 17 Surabaya. Pengalaman ini membentuk dasar yang kuat bagi Adit dalam memahami dinamika pengajaran.


Tahun 2005, Aditya memulai karier panjangnya di SMPTAG Surabaya, tempat ia mengajar hingga saat ini.  Di SMPTAG Surabaya, perannya tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan dan program pengembangan sekolah. Aditya dikenal sebagai guru yang inovatif dan berdedikasi, selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi murid-muridnya.


Aktif dalam bidang kepenulisan dan pengembangan media pembelajaran, pada tahun 2011 ia menyusun modul pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus di Provinsi Jawa Timur. Pengalamannya dalam menyusun modul dan bank soal nasional tingkat SMP, serta modul Pembelajaran Berbasis Aktivitas (PBA), menunjukkan kemampuannya dalam merancang bahan ajar yang efektif dan inovatif.


Pada tahun yang sama, yaitu 2011, dirinya menerima beasiswa short course di bawah program Australian Leadership Award Fellowship (ALAF) yang berfokus pada Pendidikan Khusus. Pengalaman ini memperkaya wawasan dan keterampilannya dalam menangani siswa kebutuhan khusus. Di tahun-tahun berikutnya, ia aktif sebagai Proktor Utama UNBK, Instruktur Nasional program Pengembangan Keprofesioan Berkelanjutan (PKB), dan Fasilitator PKB Tatap Muka Kemdikbud RI.


Tahun 2013, Adit berhasil memperoleh Sertifikasi Guru dari Universitas Negeri Surabaya, yang menjadi tonggak penting dalam kariernya sebagai guru. Tidak berhenti mengejar prestasi, Adit terus mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi nasional, termasuk menjadi Instruktur Nasional dengan predikat Baik Sekali dan Amat Baik dari GTK Kemendikbud pada tahun 2016 dan 2017.


Pada tahun 2021, ia juga berhasil menyelesaikan Diklat Calon Kepala Sekolah dengan predikat Sangat Memuaskan dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)


“Perubahan kurikulum yang begitu cepat berubah seiring perkembangan zaman membuat saya harus terus belajar,” ujar Aditya


Pada tahun 2020, Aditya meraih Juara 2 Olah Ilmu Gurulympics PGRI dan Juara 3 Olah Karya Gurulympics PGRI. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kontribusinya dalam bidang pendidikan dan inovasi pengajaran. Tahun 2021, ia juga diakui sebagai Google Educator Level 1 dan Microsoft Educator Level 100, serta menjadi fasilitator Microsoft Education untuk pendidik dan kepala sekolah di Kota Surabaya.


Adit juga terlibat dalam pengembangan konten RPP di Guru Berbagi, Sinau Bareng di JTV, dan pengembangan video pembelajaran berbasis aktivitas untuk GTK Kemdikbud. Di tahun 2023, ia menulis Modul Ajar Bahasa Inggris berbasis buku teks untuk Pusat Kurikulum & Pembelajaran (Puskurjar) Kemdikbud RI, yang menjadi panduan para guru dalam mengajar bahasa Inggris.


Keanggotaannya di PGRI pada tahun 2020 dan Komunitas Guru Penggerak Kota Surabaya (GPS) pada tahun 2023 menunjukkan komitmennya dalam memperkuat jaringan profesional di kalangan pendidik.


Selain aktif dalam kegiatan mengajar, Adit juga memiliki pengalaman organisasi yang cukup luas. Sejak tahun 2016, ia menjabat sebagai Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Swasta Wilayah Timur dan Anggota Koordinator Wilayah Timur MGMP Kota Surabaya sejak tahun 2019.


Tahun 2022, Adit dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah SMPTAG Surabaya untuk tahun pelajaran 2022/2023 dan 2023/2024.


“Dalam jiwa seorang guru pasti terdapat semangat belajar yang tinggi, mari kita gali potensi kita untuk berkontribusi bersama untuk kemajuan Pendidikan untuk Indonesia Emas 2024,” ajak Wakil Kepala Sekolah SMPTAG Surabaya


Adit telah mencatat berbagai prestasi dan pengalaman yang mengesankan sepanjang karirnya. Ia dikenal sebagai sosok yang penuh semangat dalam memperjuangkan peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini menjadi contoh nyata seorang pendidik yang tidak hanya berfokus pada pengajaran di kelas, tetapi juga berperan aktif dalam pengembangan profesi guru dan inovasi pendidikan. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id