Kuliah Gratis S2 di Inggris, Ikuti Beasiswa Chevening 2022

  • 01 Agustus 2022
  • VaniaS
  • 322

Beasiswa Chevening untuk jenjang S2 kembali dibuka pada 2 Agustus 2022. Beasiswa ini memberikan biaya pendidikan penuh untuk kuliah jenjang magister di Inggris. 

 

Chevening Scholarships merupakan beasiswa didirikan oleh pemerintah Inggris yang ditujukan untuk kandidat-kandidat internasional agar bisa melanjutkan kuliah S2 selama satu tahun di beberapa universitas di Inggis yang terpilih dalam skema. Indonesia menjadi salah satu negara kandidat beasiswa tersebut.

 

Beberapa universitas yang terpilih dalam skema beasiswa Chevening yakni Chardiff University, Universiity of Nottingham, University of Aberdeen, University of Chambridge, University of Bristol, Univeristy of Oxford, Coventry University, dan masih banyak lagi. 

 

Selain full biaya selama kuliah juga terdapat banyak keuntungan jika menerima beasiswa tersebut yaitu akses ke beberapa pendidikan berkualitas terbaik di dunia, peluang jaringan eksklusif, serta berkesempatan menjelajahi berbagai macam budaya Inggris. 

 

Persyaratan Beasiswa Chevening 2022


1.    Memiliki gelar S1 dengan nilai di atas rata-rata, atau diatas 3.00 
2.    Tidak memegang kewarganegaraan atau dikewarganegaraan Inggris 
3.    Bukan merupakan pekerja, mantan pekerja, atau memiliki hubungan dengan pekerja di pemerintah Inggris 
4.    Belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Inggris sebelumnya
5.    Sudah punya pengalaman 2 tahun. Pengalaman kerja ini bisa part time dan full time (jam kerja sekitar 2.800 jam), ini termasuk volunteer atau internship.
6.    Mendaftar tiga program universitas UK berbeda yang memenuhi syarat dan telah menerima tawaran tanpa syarat dari salah satu pilihan.
7.     Kemampuan bahasa inggris dengan standar yang diminta oleh universitas di UK, seperti IELTS 6.5. iBT TEOFL 79, pearson PTE Academic 58, atau cambridge english advance (overall skor 176, dengan minimum skor 162). Namun, hal ini kembali disesuaikan dengan kebijakan masing-masing kampus.
 
Jadwal Pendaftaran Beasiswa Chevening 2022


1.    Pendaftaran : 2 Agustus - 1 November 2022
2.    Seleksi administrasi kandidat yang akan diwawancara : 2 November 2022 - Februari 2023
3.    Batas akhir penyerahan dokumen pendukung : Februari - April 2023
4.    Wawancara : 27 Februari - 28 April 2023
5.    Pengumuman : Juni 2023
6.    Batas penawaran beasiswa : 13 Juli 2023

 

Selain menjadi magister yang unggul, lulusan beasiswa Chevening diharapkan memiliki kualitas kepempimpinan dan semangat mempengaruhi perubahan positif di negara asalnya. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/.


 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Vania

Reporter