Mahasiswa Untag Surabaya Berhasil Kembangkan Nutrisi Buah

  • 18 Oktober 2022
  • 370

Ikuti Program Matching Fund TI Mahasiswa Prodi Teknik Industri Untag Surabaya berhasil kembangkan nutrisi dari olahan buah yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kegiatan di Desa Papungan, Kabupaten Blitar tersebut berlangsung selama satu minggu, (7-13/10/2022).

 

Lima mahasiswa yang terlibat pada kegiatan tersebut yaitu Rivaldo Ferdyanto Daud, Tasya Zahrotul Husna, Eka Ayu Yusliana, Andreas Edo Wibowo dan Vandi Virnanda sebagai koordinator kelompok.

 

“Fokus utama program kami adalah mengolah sekaligus mengembangkan nutrisi. Dan nutrisi ini tidak hanya berasal dari makanan berat saja, juga dapat diperoleh dari olahan buah-buahan,” kata Vandi Virnanda.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahan pembuatan nutrisi ini termasuk sederhana dan mudah ditemukan, seperti buah nanas, lemon, buah naga, gula, air kelapa dan daun kelor. Setelah diolah, bahan-bahan tersebut akan difermentasi selama 40 hari sebelum bisa dikonsumsi.

 

“Manfaat dari mengkonsumsi nutrisi buah ini diantaranya dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh manusia. Karena cara kerja nutrisi buah ini yaitu bakteri yang sudah ada di dalam tubuh akan memakan bakteri baik yang terkandung pada nutrisi buah tersebut,” jelasnya.

 

Selain nutrisi untuk manusia, kegiatan yang di bimbingan oleh Doni Widodo juga melakukan uji coba nutrisi yang dicampurkan di dalam pupuk ke lahan pertanian (tanaman jagung, cabai, dan kedelai) dan pakan ikan yang dicampuri nutrisi pada ikan mujair guna untuk melihat pertumbuhan dan perkembangannya.

 

“Harapan kami ke depannya semua orang dapat mengenal dan mengetahui tentang manfaat nutrisi buah ini sehingga masyarakat dapat membuat sendiri di rumah dengan mudah dan murah,” pungkas Vandi. (Anin)

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id