Manfaat Kumis Kucing, Mampu Atasi Batu Ginjal Hingga Diabetes

  • 18 November 2021
  • 261

Tanaman kumis kucing atau Ortosiphon Arisatus merupakan tanaman yang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat tumbuhan kumis kucing untuk kesehatan cukup beragam.

 

Kandungan senyawa alami dalam kumis kucing seperti flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinestetin, eupatorin, glikosa, tannin, saponin dan steroid memiliki khasiat yang sangat baik untuk antiradang dan antioksidan bagi kesehatan tubuh.

 

Selain itu, kumis kucing juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, antara lain untuk menghancurkan batu ginjal, menurunkan kadar gula, mengatasi masalah pernapasan, menurunkan tekanan darah dan masih banyak lagi.

 

Berikut adalah ulasan lengkap terkait manfaat kumis kucing yang dilansir dari laman merdeka.com

 

  1. Menghancurkan Batu Ginjal

 

Kumis kucing di Pulau Jawa banyak dipakai sebagai obat untuk menghancurkan batu ginjal. Batu ginjal yang bisa diatasi hanyalah yang berukuran kurang dari 5 cm. Untuk mengolah kumis kucing sebagai obat herbal batu ginjal adalah dengan menggunakannya sebagai campuran dari teh herbal.

 

  1. Menurunkan Kadar Gula

 

Kumis kucing bisa dijadikan pilihan sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati diabetes. Pasalnya kumis kucing memiliki khasiat anti diabetes yang dapat membantu tubuh dalam mengendalikan metobalisme karbohidrat dan gula, lemak dan gula, asam amino dan guka menjadi lebih seimbang. Karena itulah kumis kucing berkhasiat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

 

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan

 

Daun kumis kucing sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuk adalah dengan menyiapkan 15-20 gram daun kumis kucing ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya hanya satu gelas. Agar lebih efektif, biasanya ramuan obat kumis kucing ini dicampur dengan ramuan obat herbal lainnya agar lebih maksimal khasiatnya dalam mengobati masalah pernapasan.

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

 

Kandungan sinensetin yang ada pada kumis kucing dapat berperan sebagai antioksidan serta memiliki aktivitas diuretic yang kuat. Selain itu, khasiat lain dari kandungan sinensetin adalah untuk membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin. Dengan adanya peningkatan pengeluaran natrium dari dalam tubuh maka tekanan dalam pembuluh darah juga bisa berkurang. Oleh karena itu kumis kucing bisa dijadikan pilihan sevagai obat herbal untuk hipertensi.

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5371
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5418