Pengguna iPhone, iPad, dan Macbook Kini Dapat Mengakses OS Windows

  • 22 November 2023
  • 212

Microsoft mengumumkan berbagai inovasi menarik dalam acara Gathering Developer dan IT Enthusiast di Ignite 2023. Salah satu pengumuman terbaru dari Microsoft adalah peluncuran aplikasi terbaru yang diberi nama Windows App.

 

Dilansir dari Kompas.com, Windows App kini dapat diakses dan digunakan melalui cloud pada perangkat non-Windows, termasuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad, serta komputer dengan sistem operasi macOS seperti MacBook, iMac, dan sebagainya.

 

Sebelumnya, layanan ini hanya dapat diakses melalui perangkat Windows atau web, dan tidak memiliki aplikasi yang dapat diinstal pada perangkat terutama dengan sistem operasi berbeda.

 

Windows App merupakan pengganti layanan bernama Windows 365 yang dapat dioperasikan di berbagai perangkat selain PC konvensional.

 

Dalam Windows App, pengguna dapat menikmati dan menggunakan berbagai fitur layanan yang dimiliki oleh Windows 365 dan Microsoft Cloud, termasuk Azure Virtual Desktop, Microsoft Dev Box, Microsoft Remote Desktop Services (RDS), serta mengakses komputer Windows PC secara cloud.

 

Windows App akan mendukung fitur multi-monitor, memungkinkan pengguna menggunakan monitor eksternal untuk menampilkan tampilan Windows PC pada perangkat tersebut. Ini diciptakan untuk mempermudah pengguna Windows App tanpa perlu menginstal atau memasang OS Windows secara khusus.

 

Meskipun aplikasi ini sudah tersedia untuk perangkat iOS, belum diketahui kapan tepatnya Windows App akan tersedia untuk pengguna perangkat Android. Aplikasi ini hanya dapat diakses oleh pelanggan Microsoft 365 pada tingkat enterprise atau pendidikan, sedangkan pengguna biasa atau konsumen belum dapat menikmati fitur-fitur yang disediakan.

 

Tidak menutup kemungkinan bahwa Windows App dapat dinikmati oleh konsumen secara luas di masa depan. Terlebih lagi, Microsoft dapat membuka akses Windows App kepada masyarakat umum apabila ingin melibatkan lebih banyak pengguna dalam penggunaan Windows PC secara cloud melalui berbagai perangkat selain PC.

 

Bagi pengguna dan pemilik perangkat iOS, macOS, Windows PC, dan web yang ingin mengunduh aplikasi Windows App, dapat melalui tautan https://windows.cloud.microsoft/ (Ratna)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

BERITA TERKAIT

Isi Kokpit Mobil F1
  • 20 Maret 2013
  • 6765
8 Fitur Mengaggumkan Windows 8
  • 20 Maret 2013
  • 6260
Komputer Terkecil Di Dunia
  • 20 Maret 2013
  • 6393