Seminar Nasional Kebangsaan Untag Surabaya: Merajut Kembali Keindonesiaan

  • 07 Juni 2024
  • VaniaS
  • 46

Peringati Hari Kelahiran Sang Proklamator Indonesia Bung Karno, Untag Surabaya menggelar Seminar Nasional Kebangsaan dengan tema ‘Merajut Kembali Keindonesiaan’ dengan menghadirkan para ahli Pancasila, Kamis 6 Juni 2024, di Ruang Auditorium Lt.6 R.Ing Soekonjono Untag Surabaya.


Seminar Nasional Kebangsaan merupakan agenda tahunan yang rutin diselenggarakan dalam rangkaian Bulan Bung Karno dan atas inisiatif dari Koordinator Mata Kuliah Umum (MKU) Untag Surabaya. Acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat struktural, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di bawah naungan Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya, serta mahasiswa mata kuliah umum.


Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA, dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan semangat nasionalis, Untag Surabaya turut berperan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas


“Pada kesempatan ini, Untag Surabaya, yang dikenal dengan semangat nasionalismenya, turut berperan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas. Kampus Merah Putih memiliki tekad yang kuat menuju Indonesia yang gemilang. Dengan ini, saya nyatakan Seminar Nasional Kebangsaan dengan tema Merajut Kembali Keindonesiaan dibuka,” terang Rektor Untag Surabaya (6/6/24)


Turut hadir Pembina YPTA Surabaya, Bambang DH, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari peringatan ulang tahun ke-123 kelahiran Bung Karno, dengan tujuan untuk menghidupkan kembali semangat dan warisan pemikiran Bung Karno.


“Tema hari ini sangat relevan dalam mengingat upaya menyimpan warisan dan semangat Bung Karno. Kita harus sepakat bahwa Pancasila adalah hasil dari kesepakatan bersama. Selama kesepakatan ini belum berubah, kita harus tetap mengikuti dan menjunjungnya. Mari kita membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, serta menguatkan komitmen kita untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita bangsa,” tegas Bambang DH


Sementara itu, Ketua YPTA Surabaya sekaligus Keynote Speaker Seminar Nasional Kebangsaan, J.Subekti, S.H., M.M., pada kesempatan yang sama mengatakan, Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia.


“Mari kita merajut kembali persatuan untuk Indonesia. Fakta menunjukkan bahwa upaya untuk merekatkan kembali kesatuan tidak semudah yang kita bayangkan. Pancasila, sebagai alat pemersatu bangsa, harus tetap menjadi harapan dan cita-cita yang mengalir di seluruh masyarakat Indonesia. Semoga semangat Pancasila terus menjadi kekuatan pemersatu bangsa,” tukas Ketua YPTA Surabaya


Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh Drs. Agus Wahyudi, M.Si., M.A., Ph.D yang mupakan Kepala Pusat Studi Pancasila Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Pengajar Departemen Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Penulis Buku ‘Merahnya Ajaran Sukarno, Narasi Pembebasan Ala Indonesia’ yang memberikan perspektif mendalam mengenai warisan pemikiran Sukarno dan relevansinya dalam konteks Indonesia masa kini.


Melalui Seminar Nasional Kebangsaan ini, diharapkan dapat menguatkan semangat Pancasila sebagai pilar utama dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengilhami untuk terus bersatu dalam perjuangan menuju Indonesia yang lebih baik.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Vania

Reporter