Siswi SMPTAG Ciptakan Pengawet Alami Makanan Dari Belimbing Wuluh

  • 01 Desember 2022
  • 1240

Shiloh Puja Nastiti dan Sofie Azizah, siswi SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya berhasil temukan penelitian belimbing wuluh sebagai bahan pengawet alami makanan dalam Lomba Peneliti Pelajar Surabaya (LPPS) 2022 oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya di Balai Budaya.

 

Saat ditemui tim Warta 17 Agustus (28/11), Shiloh dan Sofie, sapaan akrabnya menyatakan bahwa dorongan dari lingkungan yakni para guru di SMPTAG hingga kedua orang tua yang memotivasi keduanya untuk mengikuti LPPS pada bulan Oktober lalu.

 

“Kami justru tidak terpaksa karena dorongan para guru, sebaliknya kami merasa termotivasi untuk ikut perlombaan tersebut,” jelas Shiloh siswi kelas 8 itu.

 

Penelitian yang dilakukan selama 5 hari tersebut didampingi oleh Estriyana Yuliati, S.Pd guru pendamping penelitian sekaligus guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPTAG Surabaya.

 

Tak hanya itu, Sofie yang memiliki cita-cita sebagai seorang dokter mengungkapkan bahwa temuan yang hingga saat ini masih digunakan tersebut, memiliki fungsi untuk mengawetkan makanan seperti sayuran, buah dan ikan.

 

“Saya bilang ke orang tua kalau penelitian yang kami lakukan berhasil, belimbing wuluh sebagai pengawet alami makanan dan akhirnya dipakai hingga saat ini oleh orang tua saya,” jelas Sofie.

 

Meski hasil penemuannya belum berhasil menghantarkan keduanya untuk memenangkan LPPS, kedua siswi yang gemar mengikuti berbagai macam kompetisi bidang sains tersebut sepakat akan mengembangkan temuannya dikemudian hari dan menggunakan pengalaman kompetisinya sebagai bahan evaluasi dikompetisi yang akan datang.

 

Sofie berharap bahwa keberaniannya dengan Shiloh untuk mengikuti LPPS dapat menjadi motivasi bagi teman-temannya yang lain.

 

“Dari penelitian ini, kami memang belum menang. Tapi kami berani dan mau mencoba, dan untuk teman-teman saya ingin mereka juga berani dan mau untuk mencoba, meskipun hasil yang sebenarnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Intinya, mereka harus mau mencoba,” tutur Shiloh. (Ratna)

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id