Transparansi Media Sosial, Meta Memperkenalkan Kebijakan Label Konten AI

  • 28 Februari 2024
  • 707

Meta, perusahaan teknologi induk dari Facebook, Threads, Whatsapp, dan Instagram, berencana meluncurkan fitur baru yang melibatkan kebijakan baru terkait konten yang dihasilkan oleh generative AI. Kebijakan tersebut akan memastikan bahwa konten AI yang dihasilkan akan diberi label khusus pada unggahan di platform-platform sosial media.


Dilansir dari laman resmi Meta (about.meta.com) Munculnya konten yang dihasilkan oleh generative AI dapat menyebabkan kebingungan bagi mereka yang baru mengetahuinya. Pemberian label khusus ini bertujuan untuk memberikan transparansi kepada pengguna terkait sifat konten yang mereka lihat.


Pernyataan tersebut disampaikan oleh Nick Clegg, President General Affairs Meta melalui laman blog resmi mereka (6/2/24). 


“Jadi, penting bagi kami untuk membantu orang-orang mengetahui kapan konten fotorelistis yang mereka lihat dibuat dengan AI, kami menggunakan label ‘Imagine With AI’ pada konten konten gambar fotorealistik yang dibuat menggunakan fitur Meta AI,” tukasnya.


Sejak konten yang dihasilkan oleh AI bermunculan di sosial media, pihak Meta telah bekerjasama dengan perusahaan lain untuk mengembangkan standar umum untuk mengidentifikasi konten tersebut melalui forum-forum. 


Meta telah menerapkan pemberian label pada konten gambar, namun belum memperluasnya ke dalam konten AI berupa audio dan video. Menyertakan label pada konten jenis ini memiliki tantangan tersendiri karena alat AI yang menghasilkannya masih belum banyak menggunakan tanda khusus. 


Untuk mengatasi ini, Meta berencana meluncurkan alat baru di ketiga platform sosial media mereka yang memungkinkan pengguna untuk melabeli sendiri jika konten yang mereka bagikan merupakan hasil dari AI.


Langkah yang diambil oleh Meta merupakan langkah yang tepat, karena terdapat risiko yang cukup besar akibat konten yang dihasilkan oleh AI, seperti penipuan material kepada publik mengenai hal-hal penting. Hal ini dapat disalahgunakan oleh individu yang tidak bertanggungjawab. (Gita)



https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id