Whatsapp Resmi Rilis Fitur Baru 'Channel' di Indonesia

  • 21 September 2023
  • 1239

Fitur Channel di WhatsApp telah secara resmi dirilis untuk pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Fitur ini memberikan kemampuan terhubung dengan channel individu atau organisasi yang diminati pengguna.

 

Pengguna Instagram dapat mengikuti atau follow saluran-saluran yang sesuai dengan minat individu, baik itu untuk mendapatkan berita terbaru, konten hobi, atau informasi organisasi tertentu.

 

Channel di WhatsApp memberikan pengguna kontrol penuh atas saluran yang mereka ikuti, dengan kemampuan untuk menghentikan langganan jika tidak lagi relevan atau sesuai dengan preferensi mereka. Pengguna akan mendapatkan pembaruan dan informasi terbaru dengan lebih mudah dan cepat.

 

Fungsi fitur Channel di WhatsApp antara lain, pengguna dapat update informasi terkini, memberikan reaksi satu arah, dan menyebarkan informasi secara cepat dan massif.

 

Sebagai gambaran, sistem WhatsApp memberikan pratinjau (preview) konten yang dibagikan selama 30 hari terakhir. Pengguna dapat mengikuti saluran tersebut jika tertarik dengan preview yang ditampilkan. Selain itu, pengguna juga bisa mencari saluran lain melalui kolom search.

 

 

 

Interaksi yang dilakukan di fitur channel bersifat satu arah. Pihak yang dapat mengirimkan pesan hanya akun admin. Pengguna atau anggota hanya dapat melakukan respons dalam bentuk emoji (emoji reactions).

 

 Sedangkan, format konten yang diberikan bisa berupa pesan teks, foto, video, jajak pendapat (polling), dan dokumen. Pembatasan interaksi ini bertujuan menjaga keamanan data pengguna. Admin dan pengguna (anggota di channel) tidak dapat melihat nomor telepon dan informasi pribadi pengguna yang lain. Dengan begitu, pengguna tidak akan dihubungi oleh anggota channel ataupun admin.

 

Fitur channel atau saluran di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menyebarkan informasi secara cepat dan massif jika informasi yang dibagikan adalah informasi penting melibatkan banyak orang.

 

Dengan fitur Channel WhatsApp, pengguna dapat tetap terhubung dengan informasi terbaru yang mereka minati tanpa harus mengunduh aplikasi atau menerima pesan dari saluran tersebut.

 

WhatsApp semakin mengukuhkan dirinya sebagai platform yang beragam dan berdaya guna untuk berbagai kebutuhan komunikasi dan informasi penggunanya dengan memberikan fleksibilitas dan kontrol untuk memilih saluran yang sesuai dengan minat dan kebutuhan, serta menjaga privasi dengan membatasi interaksi yang bersifat satu arah. (Nabila)

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

BERITA TERKAIT

Isi Kokpit Mobil F1
  • 20 Maret 2013
  • 6813
8 Fitur Mengaggumkan Windows 8
  • 20 Maret 2013
  • 6281
Komputer Terkecil Di Dunia
  • 20 Maret 2013
  • 6444