Peningkatan Produktivitas UKM Kampung Lumpia

  • 26 Agustus 2021
  • YRS
  • 651

Dosen Prodi Teknik Industri Untag Surabaya jalankan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan mengupayakan peningkatan produktivitas UKM Kampung Lumpia kelurahan Kapasari kecamatan Genteng, Surabaya. Program tersebut dilakukan mulai Februari hingga juli 2021.

 

Ketua tim pengusul Program Kemitraan Masyarakat, Dr. Ir. Zainal Arief, M.T. menyebutkan Kegiatan PKM tersebut melibatkan 2 dosen sebagai anggota, yaitu Erni Puspanantasari Putri, ST. ,M.Eng., Ph.D. dan Istantyo Yuwono, S.T., M.M. Masing-masing memiliki kemampuan dalam bidang yang berkaitan.

 

‘’Tim pengusul memiliki latar belakang ilmu yang mendukung dan memiliki banyak pengalaman pendampingan dalam bidang perancangan, pengembangan   produk   dan   penerapan   teknologi   tepat  guna bagi Usaha Kecil Menengah dan masyarakat,’’ ujar Zaenal, (18/8/21).

 

Selain itu, Zaenal juga menambahkan terdapat beberapa masalah yang dialami oleh UKM Kampung Lumpia, yaitu terkait permodalan dan cara pemasaran produk yang masih dilakukan dengan cara offline. Hal tersebut berdasarkan analisa situasi yang telah disampaikan dan dipaparkan oleh tim pengusul

 

‘’Modal yang minim menjadi permasalahan di UKM Kampung Lumpia, sehingga pemilik belum dapat mengganti wajan atau kompor untuk pembuatan lumpia. Wajan dan kompor tersebut sudah digunakan sejak usaha tersebut didirikan kurang lebih 10 tahun. Jadi sudah tidak layak,’’ imbuh Zaenal.

 

Metode pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan menggantikan wajan dan kompor yang sudah usang. Sedangkan dalam aspek pemasaran, telah dilakukan pelatihan pemasaran produk melalui media online seperti instagram dan facebook. Pada saat pelatihan, Mitra secara aktif berpartisipasi sekaligus  mempraktekkan metode yang diberikan.

 

‘’Solusi yang ditawarkan tim pengusul sesuai kesepakatan dengan Mitra yaitu peningkatan daya saing UKM Kampung Lumpia, di antaranya peningkatan kualitas, peningkatan kuantitas, nilai tambah barang atau jasa, diversifikasi produk, dan sumber daya lainnya yang mendukung,’’ tutup Zaenal.

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5805
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5857