Kota Surabaya Akan Buka Destinasi Wisata Baru Berkonsep Pecinan

  • 09 September 2022
  • VaniaS
  • 223

Destinasi wisata Pecinan Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun Surabaya, akan dibuka akhir pekan ini (9/22). Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan penataan destinasi wisata Pecinan Kya-Kya dengan konsep baru.

 

Pembaruan kawasan kampung pecinan ini langsung ditangani oleh 3 Dinas sekaligus. Infrastruktur dan dekorasi ditangani oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman serta Pertahanan (DPRKPP), dan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH). Sedangkan untuk pengelolaan dilakukan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar).

 

Kabid Bangunan Gedung DPRKPP Surabaya, Iman Kristian mengatakan, pihaknya saat ini tengah memberikan sentuhan terakhir sebelum destinasi wisata Pecinan Kya-Kya dibuka.

 

"Intinya kami ingin mengembalikan kejayaan Kya-Kya masa lalu. Ada beberapa mural nanti, bagaimana bisa menarik pengunjung untuk datang. Golnya kami ingin menghidupkan lagi kawasan kota lama," ujarnya (8/9).

 

Konsep penataan destinasi wisata Kya-Kya hampir sama dengan Tunjungan Romansa, dimana penataan kawasan itu mulai dari pedestrian hingga penambahan fasilitas penunjang, seperti tempat duduk bagi pengunjung.

 

“Kami ingin yang ada di Jalan Tunjungan bisa diaplikasikan di Kya-Kya. Harapannya kawasan kota lama ini hidupnya lebih lama, karena kalau sekarang kan pukul 18.00 WIB sudah sepi," jelasnya

 

Pemkot Surabaya akan menertibkan sejumlah bangunan dan menambahkan ornamen seperti lampion-lampion berkonsep pecinan sebagai penunjang sejumlah spot atau fasilitas wisata untuk mempercantik kawasan Jalan Kembang Jepun.

 

Tak hanya itu, pada tahap awal opening Wisata Pecinan Kya-Kya akan melibatkan sekitar 66 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tentunya UMKM yang terlibat lebih banyak menghadirkan kuliner khas pecinan.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Vania

Reporter