Manfaat Daun Kemangi, Bisa Menjaga Kesehatan Hingga Melawan Kanker

  • 10 Desember 2021
  • 833

Daun kemangi yang memiliki rasa segar sering dijadikan sebagai lalapan sambal atau bahan campuran hidangan lainnya. Tak hanya menawarkan kenikmatan semata, daun kemangi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan

 

Tanaman kemangi sejatinya merupakan hasil persilangan antara basil biasa (Ocimum basilicum) dan basil amerika (Ocimum americanum). Kemangi memiliki aroma jeruk limau yang kuat, sehingga beberapa kalangan juga menyebutnya sebagai lemon basil.

 

Orang Indonesia sudah sangat akrab dengan daun kemangi. Daun ini sering digunakan dalam berbagai olahan, seperti pepes, dll. Selain rasanya enak, aroma daun kemangi juga segar. Jika mengolahnya dengan tepat, daun kemangi bisa jadi kudapan yang nikmat.

 

Berikut adalah manfaat dari daun kemangi seperti yang dilansir dari berbagai sumber:

 

  1. Memperbaiki sistem pencernaan

Kandungan eugenol yang terdapat dalam daun kemangi dapat memperbaiki sistem pencernaan karena eugenol bersifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur dan antioksidan.

 

  1. Menangkal radikal bebas

Dalam daun kemangi terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Daun kemangi ternyata dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Cara untuk menggunakan daun kemangi sebagai obat untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengolah daun kemangi sebagai pasta.

 

Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan pasta di wajah Anda dan diamkan selama 20 menit. Apakah itu lepas dengan air dingin.

 

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

 

  1. Menjaga organ hati dari lemak berlebih

Sebuah studi Ayurvedic tahun 2015 pada tikus menyimpulkan bahwa antioksidan dalam herbal bubuk yang termasuk daun kemangi, berdampak positif pada kesehatan hati.

 

Para ilmuwan memberikan bubuk daun kemangi tersebut kepada tikus, setelah sebelumnya menggunakan racun untuk menyebabkan kerusakan hati.

 

Daun kemangi rata-rata berperan dalam pengobatan tradisional India.

 

  1. Melawan Kanker

Seperti yang dilansir dari Nutrition and Cancer pada 2013 yang melakukan penelitian apakah salah satu manfaat daun kemangi dapat mencegah kanker.

 

Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa fitokimia dalam daun kemangi ternyata dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

 

Kandungan senyawa seperti tanin, saponin, dan flavinoid dalam daun kersen merupakan senyawa-senyawa antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan satu di antara pemicu kanker.

 

Daun kemangi dapat meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel.

 

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id