Manfaatkan Waktu Luang Anak dengan Pendampingan Kewirausahaan Olahan Pangan

  • 27 Juli 2021
  • YRS
  • 472

Dosen Agroindustri Fakultas Vokasi Untag Surabaya lakukan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan olahan pangan bagi anak-anak muda binaan Yayasan Mitra Bisma (Griyo YMB) Surabaya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung sejak Februari hingga Juni 2021.

 

Yayasan Mitra Bisma (Griyo YMB) merupakan Yayasan yang bergerak di bidang Sosial, yang membina masyarakat kurang mampu, antara lain anak-anak muda di sekitar  wilayah  Semut  Baru,  Kelurahan  Bongkaran,  Kecamatan  Pabean  Cantian,  Surabaya.

 

Ketua kelompok pegabdian Ir. Dwi Agustiyah Rosida, MS menyampaikan, anak-anak lebih baik memanfaatkan waktu luang untuk hal yang positif supaya dapat meningkatkan perekonomian keluarga daripada digunakan untuk kegiatan yang kurang bermanfaat.

 

‘’Perlu diberikan pelatihan dan pendampingan terhadap anak-anak tersebut tentang pentingnya berwirausaha di bidang olahan pangan, khususnya makanan atau jajanan yang digemari masyarakat luas, mudah dibuat, modal relatif terjangkau seperti cireng dan nugget pisang,’’ ujar Dwi Agustiyah.

 

Lebih lanjut, Dosen Fakultas Vokasi tersebut menambahkan, adanya pelatihan dan pendampingan  ini  diharapkan  dapat  membuka  wawasan anak-anak  muda  binaan Yayasan Mitra Bisma untuk berwirausaha di bidang pangan.

 

‘’Wawasan mereka dalam dunia wirausaha perlu ditambah. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian ini melalui pembelajaran daring dengan video dan pembuatan modul pelatihan yang dibagikan kepada peserta sebagai panduan dalam berwirausaha,’’ imbuh Dwi Agustiyah.

 

Selain itu juga dilakukan sosialisasi secara terbatas terhadap perwakilan anak-anak muda binaan YMB terkait penjelasan isi modul pengolahan cireng dan nugget pisang secara langsung. Ke depan diharapkan dapat membagikan pengetahuan dan keterampilannya kepada anggota binaan YMB yang lain, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

 

Kelompok pengabdian ini diketuai oleh Ir. Dwi Agustiyah Rosida, MS. dengan anggota Ir. Tiurma Wiliana Susanti P., MSi., M.M. dan Ir. Rini Rahayu Sihmawati, M.P., M.M. Ada pun mahasiswa yang terlibat yaitu, Moh. Wildan Almufarrij dan Silvia Nanda Camila.

 

Panduan Video Olahan Pangan Cireng dan Nugget Pisang dapat diakses melalui link berikut ini :

https://bit.ly/Cirengkekinian 

https://bit.ly/Nuggetpisangkekinian

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5428
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5484