Membangun Komunikasi Efektif antara Anak dan Orangtua

  • 19 Oktober 2021
  • YRS
  • 396

Dosen Psikologi Untag Surabaya laksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan membangun komunikasi efektif antara anak dan Orangtua di lingkungan SMP Kreatif An-Nur Surabaya. Kegiatan berlangsung mulai 12 - 14 Agustus 2021.

 

Program yang diketuai oleh Akta Ririn Aristawati, S.Psi., M.Psi, dan anggota Mamang Efendy, S.Pd., M.Psi tersebut merespon perubahan sistem pembelajaran di SMP Kreatif An-Nur Surabaya akibat pandemi Covid-19. Menurut Akta Ririn, Komunikasi efektif siswa dan Orangtua perlu ditingkatkan selama belajar di rumah.

 

‘’Adanya wabah Covid-19 mengharuskan pembelajaran yang dulunya tatap muka menjadi daring. Dengan adanya situasi yang terjadi saat ini, justru menuntut keterlibatan orang tua secara lebih maksimal untuk lebih dekat dan menciptakan komunikasi yang efektif terhadap anak di rumah,’’ ujar Akta Ririn.

 

Tidak hanya itu, Akta Ririn menyampaikan keadaan yang terjadi di lapangan. Menurut Dosen Psikologi tersebut, beberapa siswa SMP Kreatif An-Nur Surabaya masih merasa kurang nyaman untuk melakukan belajar secara daring di rumah.

 

‘’Masih banyak remaja yang kurang nyaman belajar di rumah, karena orang tua memperlakukan anaknya kurang baik. Hal tersebut tentunya sangat berkaitan dengan ciri-ciri Orangtua yang toxic, sehingga diperlukan cara-cara membangun komunikasi yang efektif,’’ imbuh Akta Ririn.

 

Upaya yang dilakukan Akta Ririn bersama anggotanya adalah psikoedukasi, yang mana partisipan telah dibekali modul terlebih dahulu sebelum pelatihan dimulai secara daring. Metode yang digunakan adalah pre- eksperimental dengan pendekatan one group pre-test and post-test design.

 

‘’Pelatihan yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting terbukti efektif. Siswa- siswi SMP Kreatif An-Nur menyatakan puas dan mendapatkan pengetahuan serta manfaat dari pelatihan ini,’’ tutup Akta Ririn.

 

Adapun mahasiswa yang terlibat dalam Program Kemitraan Masyarakat ini, di antaranya Eva Yusi Anggraini dan Nova Silvia Putri dari Program Studi Psikologi Untag Surabaya.

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5429
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5484