Mengenal Objek Wisata Batu Lemo Tana Toraja

  • 17 Desember 2021
  • YRS
  • 297

Objek wisata Batu Lemo di Sulawesi Selatan terkenal karena budaya unik dan otentik yang masih dipertahankan. Popularitas destinasi wisata tersebut hingga saat ini telah dikenal oleh kalangan turis belahan dunia.

 

Lemo merupakan salah satu komplek makam yang terkenal dengan peti mati di dinding tebing batu kapur. Cara penguburannya yaitu dengan melubangi batu, dan dipahat secara manual. Biasanya, satu lubang diisi oleh satu keluarga kemudian diberi penutup dari kayu.

 

Objek wisata Lemo menjadi tempat wisata rumah arwah, karena situs pemakaman ini sudah ada pada zaman dulu. Pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang berbeda, yaitu melihat jenazah yang sengaja disimpan dalam ruang terbuka, berada di dinding bukit yang sangat curam.

 

Sulawesi Selatan memiliki cara istimewa dalam menunjukkan penghormatan terakhir untuk orang-orang tercintanya, seperti suku Toraja yang tinggal di utara Makale, Sulawesi Selatan. Mereka mempercayai jika letak makam lebih tinggi, maka semakin dekat dengan Tuhan.

 

Tempat makam ini merupakan perpaduan antara kematian, seni dan ritual. Di beberapa lubang makam terdapat patung-patung pahat berbentuk manusia utuh. Patung-patung pahat ini dinamakan Tao-tao yang dibuat sebagai simbol atau gambaran orang-orang yang berada di lubang tersebut. 

 

Pengunjung juga dapat mencoba beberapa objek wisata lain yang terletak tidak jauh dari wisata Lemo, seperti wisata pemakaman bangsawan Gua Lemo di Desa Sandan Uai. Meski begitu, pemakaman yang ini jauh dari kesan angker.

 

sumber : inews.id

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5429
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5484