Pendidikan Berbasis AI, Wawasan Baru bersama Himatifta dalam Kejar Mimpi

  • 16 Februari 2024
  • 484

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatifta) Untag Surabaya berhasil menggandeng Kejar Mimpi Surabaya dalam penyelenggaraan webinar bertajuk ‘Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan’ (4/2).

 

Kejar Mimpi adalah Gerakan nasional yang digagas oleh CIMB Niaga untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dengan nilai-nilai kehidupan melalui pengembangan diri dan motivasi yang baik. Kejar Mimpi Surabaya fokus pada 4 pilar, Pendidikan, Lingkungan Hidup, Filantropi, dan Pembangunan Sosial Ekonomi.

 

Acara webinar ini menarik ratusan peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa, dosen, dan praktisi teknologi informasi.

 

Dalam sesi pembuka, Dr. Fajar Astuti Hermawati, Dosen Teknik Informatika Untag Surabaya menyoroti konsep dasar kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kontribusi positif dalam personalisasi pembelajaran.

 

“Penerapan AI dalam pendidikan dapat membantu mengatasi tantangan serta meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengindentifikasi kebutuhan mahasiswa secara individual, sehingga dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan data pendidikan, sesuai dengan kebutuhan mahasiswa,” ungkapnya (4/2)

 

Andrey Kartika Widhy Hapantenda, Pranata Komputer di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur membahas implementasi AI dalam dunia kerja.

 

“Pentingnya persiapan mahasiswa dengan keterampilan sesuai dengan pasar kerja yang semakin canggih. AI tidak hanya relevan di kelas, tetapi juga dalam dunia kerja. Mahasiswa perlu dipersiapkan untuk menghadapi tuntutan pasar yang semakin maju,” tegas Andrey

 

Dalam sesi tanya jawab, peserta aktif bertanya tentang implementasi AI di lembaga pendidikan dan bagaimana mahasiswa dapat mempersiapkan diri menghadapi teknologi yang semakin dominan. Narasumber memberikan pandangan dan tips praktis, menciptakan interaksi yang informatif.

 

Webinar ini menjadi langkah awal Himatifta Untag Surabaya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran AI dalam dunia pendidikan. Besar harapan inisiatif serupa dapat memperkaya wawasan dan membantu masyarakat menghadapi perubahan zaman yang terus berkembang. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id