Penyuluhan dan Pendampingan Penyajian Laporan Keuangan Koperasi Wanita Sehati

  • 30 Juli 2021
  • YRS
  • 377

Dosen Prodi Akuntansi FEB Untag Surabaya lakukan penyuluhan dan pendampingan tentang penyajian laporan keuangan yang akuntabel pada koperasi Wanita Sehati di kecamatan Sukolilo, Surabaya. Kegiatan telah berlangsung sejak Februari hingga Agustus 2021 mendatang.

 

Ketua kelompok pengabdian, Dra. Erwin Dyah Astawinetu, M.M., menyebutkan, situasi di tengah pandemi Covid-19 memaksa seluruh masyarakat menyesuaikan diri dan mengikuti kebijakan pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran virus.

 

‘’Covid-19 telah mengubah kebiasaan dalam melakukan kegiatan sehari-hari Kita dibuatnya seakan tak berdaya, karena ruang gerak terbatas. Hal ini membuat kita tidak produktif, yang berdampak pada masalah ekonomi keluarga, masyarakat, daerah dan negara,’’ ujar Erwin Dyah.

 

Koperasi Wanita Sehati di Kecamatan Sukolilo misalnya, mereka terkendala karena tingkat kepercayaan anggota dan masyarakat terkait kinerja pengurus mulai menurun. Terbatasnya kemampuan dan keahlian anggota koperasi tersebut  menghambat program kaderisasi.

 

Erwin Dyah menambahkan, terkait kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saai ini, Pengurus koperasi berupaya memperbaiki kinerjanya, terutama dalam hal pengelolaan keuangan. Hal ini mendorong mereka untuk melakukan kerjasama dengan Untag Surabaya dalam mengadakan  pelatihan secara daring.

 

‘’Pelatihan penyusunan laporan keuangan yang baik dan akuntabel dilakukan secara daring dan dilanjutkan dengan pendampingan terbatas. Tentunya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas Pengurus dalam hal kinerja serta dapat mengembalikan kepercayaan anggota dan juga masyarakat terhadap Koperasi Wanita Sehati,’’ imbuh Erwin Dyah.

 

Pengabdian kepada masyarakat ini harus tetap dilaksanakan sebagai program kegiatan yang berkesinambungan. Diperlukan informasi yang akuntabel untuk menentukan di mana lokasinya, siapa yang layak menjadi  mitra kegiatan, supaya lebih tepat sasaran.

 

Program Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Dra. Erwin Dyah Astawinetu, M.M. dengan anggota Dra. Rr. Adiati Trihastuti, MM.,Ak.,CA. dan Dr. Maria Yovita R.Pandin, MM.,CMA.,CPA. Ada pun mahasiswa yang terlibat yaitu Dwi Sulistyowati Sanyoto dan Milena Amira Zahra Widya.

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Jurnalis

BERITA TERKAIT

Samsung Resmi Rilis Galaxy S 4
  • 15 Maret 2013
  • 5429
Kuliah Di India Murah
  • 19 Maret 2013
  • 5484