SMATAG Surabaya Dukung Gerakan Semangat Belajar dalam Peringatan Hardiknas 2024

  • 03 Mei 2024
  • 435

Sekolah Menengah Atas 17 Agustus 1945 (SMATAG) Surabaya mengadakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 yang dihadiri oleh seluruh siswa dan guru, pada Kamis (2/5/24) pukul 07.00 WIB, di Lapangan SMATAG Surabaya.


Sesuai dengan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), peringatan Hardiknas 2024 mengusung tema ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’. Upacara tersebut menjadi momen penting bagi seluruh lingkungan pendidikan di SMATAG Surabaya.


Drs. M. Ecep Sudrajat, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMATAG Surabaya, dalam amanat upacara menyampaikan pidato dari Mendikbudristek, yang mengangkat esensi gerakan Merdeka Belajar untuk mengajak seluruh stakeholders pendidikan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


“Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” paparnya (2/5/24)


Pidato tersebut juga menyoroti peran siswa, guru, dan seluruh masyarakat pendidikan dalam menghadapi tantangan besar, seperti pandemi COVID-19.


“Ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan,” imbuh Dr. Ecep 


Masa pandemi telah mengubah lanskap pendidikan secara drastis, nemun juga menjadi momentum untuk mengakselerasi perubahan. Hal ini menggarisbawahi semangat perjuangan dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh semua pihak dalam menjalani masa-masa sulit tersebut.


“Dalam lima tahun terakhir, kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus,” ungkapnya


Upacara peringatan Hardiknas 2024 di SMATAG Surabaya tidak hanya menjadi ajang untuk mengenang sejarah pendidikan nasional, tetapi juga momentum untuk membangun semangat kebersamaan dan komitmen dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. Dengan gerakan Merdeka Belajar sebagai landasan, diharapkan pendidikan di Indonesia akan terus berkembang menuju arah yang lebih baik dan merata bagi semua anak bangsa. (Nabila)



https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id