Sumatif Akhir Semester SMPTAG Bentuk Karakter Siswa Menuju Masa Depan Unggul

  • 12 Desember 2023
  • 317

SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya bentuk karakter siswa dan mendorong perkembangan siswa melalui kegiatan rutin sumatif akhir semester yang berlangsung selama satu minggu, mulai dari 5 Desember hingga 12 Desember 2023.

 

Aditya Yoastara, S.Pd., Humas SMPTAG Surabaya sekaligus Wakil Kepala Sekolah SMPTAG Surabaya, menyatakan bahwa Sumatif Akhir Semester merupakan bagian dari komitmen sekolah untuk memberikan pengalaman pendidikan holistik yang mendorong perkembangan siswa secara menyeluruh.

 

“Kami berkomitmen tinggi untuk menyajikan pendidikan berkualitas yang membentuk siswa sebagai individu cerdas dan berakhlak unggul. Oleh karena itu, kegiatan sumatif ini dirancang untuk mengukur tidak hanya kemampuan akademis tetapi juga untuk memupuk karakter siswa siswi kami,” ujar Aditya (6/12).

 

Guru-guru di SMPTAG Surabaya tidak hanya memfokuskan perhatian pada aspek akademis, tetapi juga berupaya untuk memahami serta membimbing perkembangan kepribadian serta sikap positif siswa dalam berbagai konteks.

 

Rahayu Wijiasih, S.Pd, Guru Seni Budaya SMPTAG Surabaya menyatakan bahwa peran guru merupakan elemen kunci dalam mengevaluasi serta mendukung perkembangan siswa secara holistik.

 

“Kami berupaya memberikan dukungan penuh kepada siswa dalam mencapai potensi terbaik mereka. Evaluasi tidak hanya menilai aspek akademis, melainkan juga perkembangan kepribadian dan sikap positif siswa dalam berbagai konteks,” ungkap Rahayu.

 

Sumatif akhir semester bukan hanya evaluasi akademis, tetapi juga kesempatan siswa merenung dan menetapkan tujuan pribadi melalui sesi konseling individu dengan guru bimbingan dan konseling.

 

“Saya merasa bahwa sumatif ini memberikan saya kesempatan untuk mengukur sejauh mana pemahaman saya dalam pelajaran dan mengembangkan keterampilan sosial saya melalui proyek kelompok. Konseling individu juga membantu saya merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan pribadi saya” papar Bima Anggoto Purboaji, Siswa 9A SMPTAG Surabaya

 

Dengan memusatkan perhatian pada nilai akademis dan pembentukan karakter, SMPTAG Surabaya berupaya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan holistik siswa. (Nabila)


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id