9 Tujuan Wisata Religi Yang Popular Di Indonesia

  • 03 September 2021
  • 265

Indonesia adalah negara yang beragam suku, budaya dan agama. Tak aneh jika negera ini memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata religi.

 

Berikut rekomendasi objek wisata religi di Indonesia yang bisa jadi salah satu alternatif pilihan yang tidak kalah seru.

 

  1. Masjid Istiqlal

 

Masjid yang berlokasi di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta itu diprakarsai oleh Ir. Soekarno, Masjid Istiqlal yang mampu menampung hingga 200,000 jamaah, selain itu masjid ini disebut sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara.

 

  1.  Pura Tanah Lot, Bali

 

Kota dengan mayoritas pemeluk agama hindu ini memiliki destinasi wisata religi yaitu Pura Tanah Lot.

 

Wisata yang telah terkenal didalam maupun luar negeri ini berlokasi di Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Saat berkunjung ke tempat tersebut selain bisa melihat ritual keagamaan di hari-hari besar juga bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah di Bali.

 

  1. Gua Maria Lourdes Puhsarang

 

Destinasi selanjutnya cocok dijadikan wisata religi bagi umat Katolik. Berlokasi di Sukorame, Puhsarang, Kec. Semen, Kediri, Jawa Timur ini kerap menjadi destinasi wisata religi khususnya untuk menjalankan Misa Novena. Tempat yang memiliki luas mencapai 13 hektar ini juga dipenuhi 12 pancuran air bisa langsung diminum.

 

  1. Patung Yesus Toraja

 

Destinasi lain yang tidak kalah menarik yaitu Patung Yesus Toraja yang dijuluki patung Yesus tertinggi mengalahkan patung serupa di Rio de Jeneiro, Brazil.

 

Objek wisata religi yang dibangun pada Mei 2015 berlokasi di Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dengan nama resmi “Patung Yesus Memberkati”. Selain itu disekitar wisata tersebut terdapat jembatan kaca yang menarik dikunjungi.

 

  1. Masjid Raya Baiturrahman

 

Tidak kalah menarik dengan wisata lainnya, yaitu Masjid Baiturrahman di Aceh. Masjid yang dibangun sejak era Kesultanan Aceh ini sempat hancur akibat serangan Belanda, sebelum kemudian dibangun kembali pada 1879 - 1881 dengan arsitektur bergaya Moghul (India). Selain itu, Masjid ini terkenal karena kekokohannya yang tak hancur meskipun telah diterjang Tsunami pada tahun 2004 lalu.

 

  1. Graha Maria Annai Velangkanni

 

Wisata religi berikutnya yaitu gereja Katolik dengan gaya India-Mughal. Tempat berlokasi di Jl. Sakura III No.7-10, Tj. Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara resmi dibuka pada tahun 2005 silam.

 

bjek wisata religi di Indonesia ini terdiri dari bangunan dua tingkat yang memiliki tempat pertemuan di lantai dasar, tempat ibadah, dan menara tinggi. Selain menjadi tempat ibadah, banyak wisatawan berkunjung ke Graha Maria Annai Velangkanni untuk melihat arsitekturnya yang unik.

 

  1. Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

 

Destinasi selanjutnya wisata religi umat Buddhis yang terletak di Gg. I, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur yaitu Maha Vihara Mojopahit. Destinasi tersebut dibangun di tanah yang memiliki luas kurang lebih 20.000 meter persegi.

 

Arsitektur bangunan vihara ini tampak unik dan menarik karena kental dengan arsitektur bergaya jawa. Tak hanya menjadi tempat ibadah, Maha Vihara Mojopahit menjadi magnet wisatawan karena keberadaan Patung Buddha Tidur yang merupakan patung Buddha Tidur terbesar ketiga di Asia Tenggara. Patung serupa juga bisa kamu temukan di Bangkok, Thailand.

 

  1. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

 

Masjid yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006 ini menjadi salah satu destinasi wisata religi terbaik di Indonesia.

 

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Agung yang berlokasi di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah ini memiliki Museum kebudayaan Islam yang terletak di lantai 2 dan 3. Uniknya masjid ini dilengkapi dengan Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat yang terletak di lantai 18.

 

Dari awal masa pembangunan, masjid ini telah dipersiapkan sebagai obyek wisata religi di Indonesia. Maka tak heran, masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektar dan memiliki gaya arsitek perpaduan Jawa, Islam, dan Romawi tersersebut dilengkapi dengan wisma penginapan berkapasitas 23 kamar.

 

  1. Wihara Dung Dewa Siantan

 

Terakhir yang tidak kalah menarik yaitu wisata yang bertempat di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

 

Wihara Dung Dewa Siantan atau Vihara Gunung Dewa Siantan ini merupakan salah satu tempat wisata religi di Indonesia. Dimana Vihara yang berdiri kokoh di sudut Kota Tarempa, tepatnya di atas sebuah tebing berbatu, dan menyuguhkan pemandangan laut lepas, pegunungan hijau, serta suasana Kota Tarempa.

 

Selain berfungsi sebagai tempat belajar agama untuk umat Buddha, pelayanan umat Buddha, dan pusat kegiatan umat Buddha. Destinasi wisata religi di Indonesia ini juga cocok untuk berburu foto karena tampilan arsitektur yang kontras ditambah indahnya pemandangan di sekitar objek wisata religi Indonesia.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id