Erni Puspanantasari Putri, ST, M . Eng Mengikuti Seminar Engineering International Student Day 2015

  • 04 Mei 2015
  • 5785

Erni Puspanantasari Putri, ST, M.Eng , dosen Teknik Industri , Fakultas Teknik (FT), Untag Surabaya mengikuti seminar Engineering International Student Day 2015 di Seminar Room 2, 9th Floor, Pienvichitr Building, Faculty of Engineering, Khon Kaen University (KKU), Januari 2015.

Erni merupakan mahasiswa lulusan terbaik Strata 1 (S1) tahun 1995 di FT Untag Surabaya itu dan satu-satunya mahasiswa S3 dari Indonesia yang ikut mempresentasikan proposal penelitiannya. Adapun judul penelitiannya, yaitu Development Strategy of Small and Medium Manufacturing Industry to Increase the Competitiveness of a Competitive. “ Dari Indonesia hanya satu mahasiswa, Laos 13 mahasiswa, Kamboja 3 mahasiswa, dan Vietnam 4 mahasiswa,” kata Erni.

 

Menurut Erni, ketika pemaparan proposal penelitiannya bahwa Industri Manufaktur Kecil dan Menengah (IMKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, IMKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Untuk itu perlu adanya berbagai upaya yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis IMKM untuk meningkatkan daya saing bisnis yang kompetitif.

 

Dengan demikian sektor IMKM dapat berkembang lebih maju dan berkompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. IMKM harus terus ditingkatkan (up grade) dan aktif agar dapat maju dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Jika tidak, IMKM di Indonesia yang merupakan jantung perekonomian Indonesia tidak akan bisa maju dan berkembang,” tambah Erni, penerima beasiswa S3 di KKU itu.

 

Tujuan dari penelitian Erni adalah merancang pengembangan model untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi IMKM dan memberikan masukan atau rekomendasi berupa rumusan strategi pengembangan IMKM untuk meningkatkan daya saing bisnis yang kompetitif.

Jenis beasiswa yang diberikan kepada Erni sebagai Ph.D student in Industrial Engineering KKU Thailand pada tahun pertama adalah beasiswa dari Research unit on System Modeling for Industry (SMI) Faculty of Engineering. “ Tahun berikutnya yaitu Khon Kaen University Scholarship for ASEAN and GMS Countries’ Personnel, masih dalam proses pengajuan,” tutup Erni, lulusan S2 dari Catholic University of Leuven, Belgia tahun 1999 tersebut dan memperoleh beaiswa Algemeen  Bestuur Voor Ontwikkelings Samenwerking (ABOS) untuk menyelesaikan studi S2 dari pemerintah Belgia.


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id