Fitur Televisi Digital Nantinya Terdapat Peringatan Dini Terhadap Bencana

  • 15 Desember 2021
  • YRS
  • 714

Organisasi Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) membangun proses Early Warning System (EWS) yang berfungsi sebagai peringatan dini terhadap bencana. Menariknya peringatan tersebut akan disiarkan televisi digital (14/12/21).

 

Hammam Riza, salah satu perwakilan BPPT menyebutkan, lembaganya sangat mendukung dan berpartisipasi dalam proses penerapan fitur peringatan dini pada siaran televisi digital yang dinilai dapat meminimalisir korban ketika terjadi bencana tersebut.

 

‘’Seperti kajian dan pembangunan pada sistem Peringatan Dini Bencana EWS televisi digital khusus untuk Indonesia,’’ kata Hammam menjelaskan.

 

Sistem EWS diklaim mampu memperkuat jalur komunikasi, karena salah satu infrastruktur yang lumpuh saat bencana adalah telekomunikasi. Tidak hanya itu, BPPT juga memberikan rekomendasi teknis pada Pemerintah sebagai acuan untuk mengisi konten regulasi televisi digital di Indonesia.

 

‘’Khususnya spesifikasi teknis peringatan dini terhadap bencana yang akan terjadi," imbuh Hammam Riza.

 

Regulasi ini tidak hanya akan membantu persiapan masyarakat dalam menghadapi bencana, namun juga sebagai bentuk dukungan terhadap implementasi dan upaya mempercepat realisasi siaran televisi digital di seluruh wilayah Indonesia.

 

Sebenarnya migrasi penyiaran televisi dan radio analog ke ranah digital telah diterapkan Pemerintah sejak 2008. Hal itu membuat para pelaku industri penyiaran televisi berbenah menghadapi perubahan teknologi, regulasi, alokasi frekuensi, serta model bisnis yang memunculkan berbagai  konsekuensi.

 

Ketika dunia bersama-sama beralih ke ranah digital, maka teknologi analog menjadi usang dan mahal pengoperasiannya. Jika sistem EWS sudah diterapkan, maka masyarakat perlu memperhatikan pengaturan saat pertama kali mengoperasikan perangkat siaran televisi digital, seperti memasukkan kode pos.

 

Selanjutnya melalui kode pos tersebut sinyal EWS dikirim berdasarkan lokasi perangkat digital. EWS hanya mengirimkan sinyal peringatan pada daerah spesifik berdasarkan lokasi bencana beserta wilayah terdampak.

 

sumber : cnnindonesia.com

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Reporter

BERITA TERKAIT

Isi Kokpit Mobil F1
  • 20 Maret 2013
  • 6011
8 Fitur Mengaggumkan Windows 8
  • 20 Maret 2013
  • 5616
Komputer Terkecil Di Dunia
  • 20 Maret 2013
  • 5772