Gedung Parkir Lantai 4 Untag Surabaya Bisa Digunakan Pada Semester Gasal 2015 - 2016

  • 19 Juni 2015
  • 5781

Gedung parkir berlantai 4 yang dibangun sejak akhir tahun 2014 lalu oleh Yayasan Perguruan 17 Agusutus 1945 (YPTA) Surabaya diperkirakan bisa digunakan pada semester gasal 2015/2016. Adapun fungsi lantai 1-3 digunakan untuk parkir sepeda motor dan lantai 4 untuk fasilitas olahraga.

Jumlah mahasiswa Untag Surabaya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sehingga tempat parkir yang lama tidak mampu menampung jumlah kendaraan bermotor. Sehingga diperlukan tempat parkir yang baru. “ Parkiran yang lama hanya mampu menampung kendaraan kira-kira 3.000 motor, sedangkan jumlah mahasiswa saat ini berjumlah 7.000 lebih,” kata Drs. Moch. Djaya, MM, selaku manajer YPTA Surabaya

Pembina UKM Musik Untag Surabaya itu juga menambahkan bahwa gedung parkir berlantai 4 tersebut sudah bisa digunakan pada semester gasal 2015/2016. Dari segi keamanannya juga lebih terjamin karena hanya mahasiswa yang mempunyai kartu mahasiswa berbarcode yang bisa parkir dan gratis. “ Harapannya dengan pembangunan gedung ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik dan nyaman bagi mahasiswa,” tambahnya.

Di tempat terpisah Ir.Bantot Sutriono,M.Sc, Kaprodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UNTAG Surabaya selaku penanggung jawab pembangunan gedung parkir tersebut mengatakan bahwa pemilihan sistem struktur yang dipilih adalah sistem rangka penahan momen (moment-resisting-frame) baik arak tranversal maupun arah longitudinal mengingat fungsi bangunan dipergunakan untuk memikul beban yang relatif besar dan berdiri diatas tanah dasar yang relatif lunak.

Lanjut dia, gedung tersebut ditopang oleh sistem pondasi dalam (mini pile) dengan kedalaman lebih 18 meter. Sehingga sistem tumpuan akan direncanakan dengan sistem tumpuan elastis (berada antara sendi dan jepit). “ Maka untuk analisisnya dilakukan dengan cara terintegrasi bangunan atas,” ucap Bantot.

Sedangkan material untuk struktur moment resisting frames  menggunakan material baja. Selain itu, sistem plat lantai menggunakan material beton bertulang dan pondasi Pile menggunakan material beton yang di satukan dengan pile-cap dari beton bertulang dengan kekakuan yang memenuhi standar.

 
Michiko mahasiswa jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) merasa senang dengan adanya pembangunan gedung parkir berlantai 4 itu. Selain menguntungkan, kata dia, juga bisa mengurangi tindak kejahatan. “ Karena pengamanannya berada di dalam gedung,” ungkapnya.

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id