Makanan Pahit Mampu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

  • 26 Februari 2021
  • YRS
  • 1209

Belum banyak yang tahu bahwa beberapa makanan pahit justru memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Makanan pahit yang sering dihindari untuk dikonsumsi, ternyata pada beberapa jenis tertentu justru mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

 

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan pahit di antaranya mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Makanan pahit memiliki kandungan gizi yang tinggi dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Seperti Pare misalnya, yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia dan Afrika. Pare dikemas dengan fitokimia seperti triterpenoid, polifenol, dan flavonoid yang telah terbukti memperlambat pertumbuhan berbagai jenis kanker. Pare juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat papar radikla bebas.

 

Berikutnya yaitu sayuran cruciferous atau silangan seperti brokoli, kubis Brussel, kangkung, dan lobak. Deretan sayuran tersebut mengandung senyawa glukosinolat. Selain bertanggung jawab atas rasa pahit yang dihadirkan, senyawa ini juga berperan dalam memberikan beragam manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa glukosinolat dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

 

Ada juga daun dandelion. Meskipun hanya tanaman Gulma, tapi daun dandelion dapat dikonsumsi dan kaya kandugan gizi. Dandelion bisa dimakan mentah dalam salad, ditumis, atau dimasukkan ke dalam sup. Karena rasa pahitnya yang begitu kentara, sering kali daun dandelion dipadukan bahan lain yang memberikan rasa seperti bawang putih dan lemon.

 

Terakhir adalah Cranberry. Cranberry merupakan salah satu buah beri merah dengan rasa yang pahit. Cranberry mengandung polifenol yang dapat mencegah bakteri menempel ke permukaan, seperti jaringan tubuh manusia. Polifenol yang ada pada cranberry memiliki pengaruh yang besar dalam mengurangi kerusakan pada gigi, menurunkan risiko infeksi di perut, dan usus.

 

Sumber : cnnindonesia.com


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Y. RAKA S.

Reporter