Mengenal Fitur iOS 15 pada iPhone dan iPad

  • 22 September 2021
  • AR
  • 624

Baru-baru ini, pengguna Apple mendapat notifikasi update iOS terbaru yakni iOS 15. Apple mengumumkan rilisnya iOS 15 dalam acara tahunan WWDC (Apple Worldwide Developers Conference) pada Senin (7/6/2021) waktu setempat,  iOS 15 diklaim penuh dengan fitur dan perubahan baru baik besar maupun kecil. Dilansir melalui MacWorld, terdapat lima fitur teratas dari iOS 15 yang akan rilis tahun ini.

 

Peningkatan FaceTime

 

FaceTime mendapatkan peningkatan besar di iOS 15. Audio akan memisahkan suara sehingga obrolan grup terdengar lebih alami. Tampilan kisi baru menunjukkan ukuran yang sama kepada semua orang, dan menyoroti orang yang berbicara. Mode mikrofon baru memudahkan orang lain untuk mendengar Anda. 

 

Ada juga Mode Isolasi yang menghilangkan suara latar untuk fokus pada suara, sedangkan Spektrum Lebar sebaliknya, menyerap semua suara di sekitar. Mode potret juga hadir di FaceTime, mengaburkan latar belakang secara otomatis. 

 

Apple Mengembangkan Metode Sharing

 

Apple membuat iOS 15 memiliki sejumlah besar fitur berbagi yang dikumpulkannya di bawah istilah SharePlay. Anda dapat mendengarkan musik, menonton video, atau berbagi layar bersama dengan seseorang di panggilan FaceTime. Audio atau video akan disinkronkan, dan orang lain yang menelepon akan mendapatkan kontrol media jika mereka ingin menjeda atau melompat ke trek lain, dan seluruh grup dapat membuat daftar putar kolaboratif. Berbagi layar bahkan berfungsi di seluruh perangkat Apple. 

 

Notifikasi yang Semakin Canggih

 

Perbaikan notifikasi di iOS sudah lama tertunda, dan iOS 15 akhirnya menambahkan beberapa kecerdasan dan kerapian notifikasi yang sangat dibutuhkan. Ringkasan notifikasi menyatukan pemberitahuan yang telah Anda abaikan sepanjang hari, Anda dapat mengatur waktu yang Anda inginkan untuk menerimanya, dan Anda dapat menerimanya dengan mudah. 

 

Fitur Live Text

 

Fitur baru yang disebut "Teks Langsung" (Live Text) menggunakan mesin untuk menemukan teks dalam gambar, dan memungkinkan Anda memperlakukannya seperti teks biasa. Semuanya terjadi di perangkat untuk melindungi privasi Anda. Arahkan aplikasi Kamera ke beberapa teks, dan Anda akan melihat indikator di kanan bawah yang dapat Anda ketuk untuk memilihnya. Anda kemudian dapat menempelkannya di pesan, email, apa pun. 

 

Peningkatan Wallet

 

Aplikasi Wallet sudah bisa melakukan banyak hal, dengan kartu pembayaran, kartu transit, dan tiket. Tapi itu belum bisa menggantikan dompet fisik Anda. Apple sedang berupaya mengubahnya dengan beberapa pembaruan besar pada Wallet. 

 

Daftar iOS 15 Support Device 

 

Dilansir Tech Radar, berikut ini daftar iPhone yang bisa naik tingkat ke iOS 15. iPhone 12 iPhone 12 mini iPhone 12 Pro iPhone 12 Pro Max iPhone 11 iPhone 11 Pro iPhone 11 Pro Max iPhone XS iPhone XS Max iPhone XR iPhone X iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone 7 iPhone 7 Plus iPhone 6s iPhone 6s Plus iPhone SE (1st generation) iPhone SE (2nd generation) iPod touch (7th generation)


 

Sumber : tirto.id


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id

Ria Ayu Oktavia

Jurnalis