Menjelang Bulan Ramadhan, Siapkan Fisik, Mental, dan Spiritual

  • 08 Maret 2024
  • 500

Seluruh umat Muslim akan menyambut Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat. Ini menandakan bahwa umat Muslim akan melaksanakan rukun iman yang ketiga, yaitu puasa.


Hadist yang diriwayatkan oleh an-Nasa’I dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya ketika bulan Ramadhan datang.


“Dari sahabat Abu Hurairah radliyallahu 'anh Rasul berkata, bahwa Rasulullah telah bersabda: Sungguh telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, yang mana pada bulan tersebut Allah SWT mewajibkan kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu, pintu-pintu langit dibuka, sementara pintu-pintu neraka ditutup serta syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan (HR An-Nasa’i)”.


Dibutuhkan persiapan matang untuk menyambut bulan mulia ini, terutama menjelang ibadah puasa selama 30 hari. Berikut adalah beberapa tips persiapan Ramadhan dilansir dari laman Nadhatul Ulama (NU) Online:

1. Menyambut bulan Ramadhan dengan kebahagiaan dan syukur karena dipertemukan kembali adalah tanda Allah memberikan kesempatan untuk beribadah dan menjauhi maksiat.

2. Mempersiapkan kebutuhan selama puasa Ramadhan menjadi prioritas. Semua orang sibuk mempersiapkan kebutuhan satu bulan ke depan, termasuk bahan pokok, lauk pauk, sayur, buah-buahan, serta makanan dan minuman pendukung untuk menjaga kesehatan tubuh dengan nutrisi yang baik.

3. Melunasi hutang puasa tahun lalu karena ada udzur. Gantilah puasa agar tidak menumpuk di tahun-tahun berikutnya. Jangan sampai memasuki bulan Ramadhan dengan hutang puasa dari tahun-tahun sebelumnya.

4. Perdalam pengetahuan agama dengan mempelajari hal-hal yang diperbolehkan dan tidak saat berpuasa. Pelajari juga cara beribadah yang benar untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan.

5. Persiapkan rumah dan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk ibadah di bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan perintah Islam untuk berthaharah atau membersihkan diri baik badan maupun tempat ibadah. 


Mari kita siapkan diri menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah dan rahmat dengan kedamaian, kegembiraan, keimanan, dan keikhlasan. Semoga ibadah kita meningkat kualitasnya di bulan Ramadhan mendatang. (Gita)



https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id