Nasionalisme dan Patriotisme, Pondasi Kuat Mempertahankan Keutuhan Indonesia

  • 21 September 2023
  • 1236

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, tradisi, serta keberagaman suku, agama, dan bahasa. Sikap nasionalisme dan patriotisme berperan penting dalam memelihara persatuan dan integritas negara.

 

Undang-undang yang berkaitan dalam konteks ini adalah UU 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Dalam Forum 17 yang digelar oleh Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Untag Surabaya dengan judul ‘Indonesia Butuh Nasionalis yang Patriotik’, (17/9/23) Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya – J.Subekti, S.H., M.M. menyampaikan bahwa sikap nasionalisme menjadi pondasi kuat dalam menjaga integritas negara.

 

“Nasionalisme merupakan sikap cinta dan kebanggaan terhadap negara serta kesadaran akan identitas dan keberagaman budaya yang dimiliki. Di tengah arus globalisasi dan perubahan zaman, nasionalisme tetap menjadi pondasi kuat untuk menjaga persatuan dan integritas suatu negara,” jelasnya (17/9)

 

Indonesia, sebagai negara yang beragam, membutuhkan nasionalisme yang kuat untuk menjaga keutuhan bangsa. Salah satu aspek penting dari nasionalisme adalah patriotisme. Patriotisme adalah pengabdian dan komitmen terhadap negara serta kesiapan untuk berkorban demi kepentingan negara.

 

“Patriotisme mendorong kita sebagai warga negara untuk menghormati dan mendukung Pancasila sebagai ideologi negara serta UUD 1945 sebagai konstitusi yang mengatur tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui penghargaan terhadap keragaman dan semangat nasionalisme yang solid, Indonesia dapat terus berkembang sebagai negara yang kuat dan kompetitif di dunia internasional,” tukas Ketua YPTA Surabaya tersebut

 

Menurutnya, Untag Surabaya sebagai Kampus Merah Putih terus menunjukkan perkembangan dalam menjalankan visi dan misinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada semangat nasionalisme.

 

“Berbagai program akademik dan kegiatan dari UKM Kebangsaan yang mendukung pembentukan karakter mahasiswa yang cinta tanah air, Kampus Merah Putih telah berhasil meraih banyak prestasi. Salah satu pencapaian adalah peringkatnya yang unggul dalam daftar universitas terbaik di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari komitmen Untag Surabaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang berlandaskan nilai-nilai nasionalisme,” paparnya

 

Nasionalisme dan patriotisme tidak hanya harus dimiliki sebagai nilai-nilai pasif, tetapi juga harus diterjemahkan menjadi tindakan nyata. Warga negara yang nasionalis dan patriotik harus aktif dalam berpartisipasi dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi negara. Mereka harus siap berkontribusi untuk kemajuan Indonesia. (Nabila)

 

 


https://untag-sby.ac.id
https://www.untag-sby.ac.id